Categories
Berita Berita KSP Ekonomi Kedeputian Kedeputian III

KSP Pastikan Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Madura Tepat Sasaran

JAKARTA – Kantor Staf Presiden (KSP) melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Madura, Jawa Timur. Kunjungan kerja di dua lokasi yakni Kabupaten Bangkalan dan Sampang itu untuk memastikan tersalurnya pupuk bersubsidi agar tepat sasaran. Menurut Deputi III KSP Panutan Sulendrakusuma, kunjungan juga untuk memastikan para petani mendapatkan sosialisasi mengenai e-Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (e-RDKK) dan Kartu Tani di lapangan.

“Menjelang musim tanam biasanya kebutuhan petani terhadap pupuk meningkat. Kami ingin memastikan ketersediaan pupuk bersubsidi,” ujar Panutan di Jakarta, Jumat (11/12).

Kunjungan Deputi III KSP didampingi Tenaga Ahli Utama Kedeputian III Bustanul Arifin, pejabat Kementerian Pertanian dan Dinas Pertanian setempat. Dalam kondisi musim tanam seperti sekarang, menurut Panutan. Biasanya para petani dan pelaku pasar sudah terbiasa dengan kondisi musiman seperti ini. “Namun kami ingin melihat ketersediaan pupuk subsidi dan non subsidi di pasaran,” ujar Panutan.


Tenaga Ahli Utama, D3 KSP, Prof Bustanul Arifin berdiskusi dengan stakeholders di Gudang Pupuk di Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Selain itu, KSP juga memperoleh informasi tentang masalah yang dihadapi dalam hal distribusi pupuk. Misalnya saja, petani yang belum mendapatkan informasi yang utuh tentang mekanisme pengintegrasian dari e-RDKK dan kartu tani.

Pada kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Utama Deputi III KSP Prof. Bustanul Arifin menegaskan, petani yang belum terdata dalam RDKK memang tidak bisa mendapatkan jatah pupuk bersubsidi. Selain itu, petani yang belum mengaktifkan kartu taninya belum bisa menggunakan di kios-kios pupuk yang ada. “Oleh karena itu pemerintah akan terus berusaha untuk memastikan para petani mendapatkan sosialisasi mengenai e-RDKK dan kartu tani di lapangan,” jelas Bustanul.