Categories
Berita Berita KSP Kedeputian Kedeputian III

Kunjungi Bulog, KSP Pantau Ketersediaan dan Stabilitas Harga Pangan Jelang Ramadhan 2021

JAKARTA – Kantor Staf Presiden (KSP) berkoordinasi dengan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog)  untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga pangan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2021. Melalui langkah ini, KSP juga bisa melihat perkembangan ketahanan pangan nasional secara lebih dekat. “Terutama pemantauan pengadaan beras Bulog,” ujar Deputi III KSP Panutan Sulendrakusuma, Selasa (16/3).

Kepada manajemen Bulog, Panutan juga mengungkapkan adanya keluhan dari petani terkait anjloknya harga gabah. Dari keluhan itu, Panutan menilai KSP perlu memantau serapan gabah petani melalui Bulog. Selain itu, Panutan menegaskan, Pemerintah berharap agar rencana program yang akan dilaksanakan Bulog mampu menyejahterakan petani serta mencapai stabilisasi harga pangan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Hadir menemui Panutan, Wakil Direktur Utama Bulog Gatot Trihargo menyampaikan, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bulog mendapatkan mandat penyerapan untuk cadangan beras pemerintah (CBP) dan melaksanakan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH). “Untuk itu, Bulog telah membuat manajemen stok selama satu tahun dengan lebih mengutamakan penyerapan beras dalam negeri,” terang Gatot.

Dia juga mengungkapkan bahwa saat ini stok persediaan beras di Bulog cukup dan tersebar di seluruh Indonesia serta bergerak dinamis. Sebagai perusahaan umum, lanjut Gatot, Bulog senantiasa siaga untuk memperoleh penugasan dari pemerintah dalam rangka ketersediaan pangan dan stabilitas harga.

“Ke depan, Perum Bulog  berencana memperkuat sektor hulu melalui kerjasama langsung dengan petani, mapping penggilingan beras dari seluruh indonesia dan membangun infrastruktur pascapanen (54 titik lokasi),” tambah Gatot.