Categories
Berita Berita KSP Kedeputian Kedeputian II

KSP Dorong Pengembangan Ekosistem Esports dan Industri Gaming

JAKARTA – Ada kabar baik bagi para pecinta esports di tanah air. Pemerintah tengah mempersiapkan ajang Piala Presiden Esports 2021. Kepastian itu datang setelah Kantor Staf Presiden (KSP) mengumpulkan tiga kementerian dan satu lembaga melalui Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 secara daring, Rabu (21/4).

Melalui rapat ini, Abetnego menegaskan perlunya kolaborasi antar pihak yang telah terlibat dalam pengembangan esports dan industri gaming. Apalagi esports sudah menjadi cabang olahraga resmi Asian Games 2022 dan akan dipertandingkan kembali pada SEA Games 2021 “Sehingga perlu segera dibentuk ekosistem dan komitmen bersama di seluruh lini perangkat pemerintahan dan swasta serta organisasi cabang olahraga,” ujar Abetnego.

Pada rapat itu, Deputi Bidang Pemuda dan Olahraga KemenkoPMK Nyoman Shuida menyampaikan, kompetisi esports dapat menjadi ajang promosi game lokal, untuk mendukung konsumsi dan pengunaan game lokal. Koordinator Business Matchmaking Ditjen Aptika Kominfo Luat Sihombing juga sependapat. Menurutnya, belum banyak game lokal yang sesuai standar internasional.

“Perlu untuk dimatangkan kembali untuk kepentingan-kepentingan pasar di lokal maupun internasional,” jelas Luat.

Bahkan, Kepala Sub Direktorat Penciptaan Penyelenggara Kegiatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kiagoos Irvan menambahkan, event Piala Presiden diharapkan dapat selaras dengan pengembangan game lokal untuk mempromosikan Destinasi Super Prioritas (DSP). Sementara Sekjen KONI Pusat Ade Lukman mengungkapkan, esports juga akan menjadi game eksebisi di penyelenggaraan PON Papua pada Oktober 2021.