Categories
News KSP News Deputies Deputy Chief of Staff for Human Development

Terima Audiensi Bupati Bireun, KSP Moeldoko Bahas Pembangunan Stadion untuk PON 2024

JAKARTA – Rencana pembangunan stadion Bireun, Provinsi Aceh masih memerlukan pendalaman lebih lanjut. Salah satunya terkait persoalan lahan. “Isu tanah tidak boleh ada sengketa,” kata Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko saat menerima audiensi Bupati Bireueun Muzakkar A Gani di Ruang Rapat Utama Gedung Bina Graha Jakarta, Jumat (25/6).

Tidak hanya itu saja. Pemerintah Kabupaten Bireun juga perlu menyiapkan rancangan anggaran dan rencana pembangunan stadion yang disiapkan untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 itu. Selanjutnya, kata Moeldoko, Bupati Bireueun perlu menyurati kembali Presiden Joko Widodo untuk memberikan dukungan pembangunannya. “Surat itu tembuskan juga ke Kementerian PUPR dan Kantor Staf Presiden,” kata Moeldoko.

Mendampingi Moeldoko, Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Abetnego Tarigan menyampaikan, pertemuan dengan Bupati Bireueun ini merupakan kelanjutan dari pertemuan yang berlangsung padda Maret 2021. Saat itu, tambah Abetnego, Kedeputian II KSP telah memberikan rekomendasi untuk berkomunikasi langsung dengan Pemprov Aceh mengenai kesiapan penyelenggaraan PON 2024.

Adapun Bupati Bireun Muzakkar menyampaikan, pihaknya telah bertemu Presiden Jokowi pada Februari 2020. Pada pertemuan itu, Muzakkar bilang, Presiden mengemukakan tentang dukungannya untuk pembangunan stadion utama Bireueun.

Sebagai informasi, PON 2024 adalah penyelenggaraan ke-21 dari Pekan Olahraga Nasional yang merupakan ajang olahraga nasional utama. Edisi ini diselenggarakan oleh dua tuan rumah bersama, yakni Aceh dan Sumatra Utara.

Kabarnya, Pemerintah Sumatra Utara telah menyiapkan 100 hektare untuk menggelar PON 2024 di Kualanamu. Pemprov Sumut juga menyiapkan lahan seluas 300 hektar di Desa Sena, Kabupaten Deli Serdang. Sementara itu, Pemerintah Aceh menyiapkan 240 hektare.