Categories
News KSP News Deputies Deputy Chief of Staff for Infrastructure, Energy and Investment

Jalan Tol Pertama di Sulut Beroperasi Penuh pada Oktober 2021

BITUNG − Pemerintah memastikan konstruksi ruas tol Danowudu-Bitung selesai Agustus 2021. Dengan begitu, ruas tol ini melengkapi operasional ruas Manado-Danowudu yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 29 September 2020 lalu. “Semua pihak sepakat mempercepat penyelesaian konstruksi. Sehingga, Jalan Tol Manado-Bitung (Mabit) sebagai jalan tol pertama di Sulawesi Utara bisa beroperasi pada Oktober 2021,” ujar Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) Febry Calvin Tetelepta pads kunjungan kerja monitoring dan evaluasi Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Mabit di Bitung, Kamis (8/4).

Menurut Febry, tersambungnya jalan tol ini akan mendukung kelancaran logistik dan mobilitas masyarakat di Sulawesi Utara. Sehingga pada akhirnya, produktivitas dan daya saing daerah akan semakin meningkat. Apalagi, pemerintah sedang membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Bitung-Likupang sebagai sentra pertumbuhan ekonomi baru di Bumi Nyiur Melambai.

Febry menegaskan, pembangunan infrastruktur yang masif di Sulawesi Utara adalah wujud kehadiran negara. “Tujuan utamanya adalah pemerataan dan kesejahteraan masyarakat di sini,” kata Febry.

Meski begitu, Febry mengingatkan, tantangan-tantangan di lapangan harus selesai dengan bijak dan tuntas. “Kesuksesan pembangunan infrastruktur tidak boleh meninggalkan masalah hukum dan masalah sosial di kemudian hari,” pungkas Febry.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George Manurung menyampaikan, progres pengadaan tanah telah mencapai 99,19%, sedangkan progres pekerjaan konstruksi sebesar 88,99%. “Kami siap mengejar target pembangunan sesuai arahan dari KSP,” ujar George.

Pada kesempatan yang sama, Asisten II Pemprov Sulut Praseno Hadi yang mewakili Gubernur Sulut menyatakan dukungan penuh terhadap upaya percepatan penyelesaian konstruksi Tol Mabit. Sementara, Sekretaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan mengatakan, Pemkot Bitung akan segera melakukan mediasi bersama masyarakat dalam rangka penanganan dampak sosial di wilayahnya.

Sebagai informasi, selain merupakan tol pertama di Sulawesi Utara, Tol Mabit juga menjadi jalan tol terpanjang di Pulau Sulawesi. Ruas ini melintasi Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kota Bitung sepanjang 39 km. Proyek senilai Rp6,18 triliun ini diselenggarakan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).