Categories
News KSP News Task Force Deputies

Resmikan PLTD di Kepulauan Morotai, Moeldoko Cerita Kehidupan Tanpa Listrik

Morotai – Saat meresmikan pengaliran listrik di kepulauan Ngele-Ngele Kabupaten Pulau Morotai Maluku Utara, Jum’at (19/11), Kepala Staf Kepresidenan RI Dr. Moeldoko bercerita masa kecil di desa yang tak bisa menikmati aliran listrik.

“Saya berasal dari sebuah desa kecil di Kediri Jawa Timur. Sejak SD sampe SMA saya nggak pernah nikmati listrik. Baru setelah taruna listrik masuk ke desa. Wah masa-masa itu benar-benar nggak enak,” tutur Moeldoko.

Moeldoko pun mengajak warga kepulauan Ngele-Ngele mensyukuri kehadiran listrik, yang akan membantu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). “Anak-anak yang biasanya belajar hanya 2 jam karena penerangan terbatas, sekarang bisa berjam-jam,” lanjutnya.

Mantan Panglima TNI itu juga mengungkapkan, masih ada beberapa daerah di Indonesia yang belum dilayani oleh PLN. Namun berbagai hal saat sudah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan listrik nasional. “Salah satunya dengan pengembangan energi terbarukan,” terangnya.

Pulau Ngele-Ngele terletak di sebelah barat Kabupaten Pulau Morotai. Untuk bisa sampai di sana dibutuhkan perjalanan dengan menggunakan transportasi laut, yang memakan waktu 30-45 menit. Pengaliran listrik di Kepulauan Ngele-Ngele sendiri, baru bisa terwujud setelah 8 tahun.

Selain pemerataan pengaliran listrik di kepulauan, kabupaten pulau Morotai saat ini juga gencar mengembangkan pembangunan kawasan strategis pariwisata nasional.

“Kami ingin buktikan, Pulau Morotai akan menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang mewujudkan nawacita, bahwa negara telah hadir di sini, di pulau Morotai,” tegas Bupati Pulau Murotai Beny Laos yang langsung disambut tepuk tangan undangan.