Laporan Tahunan 2021

Hampir dua tahun pandemi COVID-19 menerpa namun tidak membuat pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin surut langkah, bahkan juga dalam menjalankan agenda strategis nasional. Pandemi justru menguji ketangguhan, bahkan mendorong pemerintah melompat cepat memburu kemajuan. Sebagai nahkoda, Presiden Joko Widodo juga memberi arahan yang jelas dan tegas sebagai bekal menempuh krisis. Gas dan Rem, serta keberanian mengambil resiko.

Di sektor ekonomi Pemerintah berhasil melewati ancaman resesi dengan kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), melalui bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat miskin dan insentif untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kebijakan kartu Prakerja juga menjadi penolong dan menahan lajunya angka pengangguran.

Tradisi penyusunan laporan capaian kinerja dimulai sejak 2015 setiap tanggal 20 Oktober. Laporan ini adalah bentuk pertanggung jawaban jalannya pemerintahan dalam satu tahun terakhir. Secara tradisi, laporan disampaikan kepada publik agar masyarakat lebih memahami apa yang telah dilakukan pemerintah.

Semoga laporan capaian ini membuat kita semakin tangguh dan tumbuh.

Download Report