Categories
News KSP News Task Force Deputies Deputy Chief of Staff for Information and Political Communication Politics

KSP Tampung Aspirasi Persoalan Ekonomi di Batam

BATAM – Persoalan ekonomi jadi salah satu isu yang muncul dari aspirasi masyarakat Batam, Kepulauan Riau. Seperti disampaikan Afrinal dari Sekber Jokowi yang memaparkan banyaknya terjadi kebangkrutan di Batam karena dampak pandemi COVID-19. Hal itu terangkum saat dua Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) yakni Donny Gahral Adian dan Ali Mochtar Ngabalin menghadiri KSP Mendengar di Batam, Selasa (8/12).

“Oleh karena itu, Undang-Undang Cipta Kerja hadir untuk mempermudah perizinan usaha tanpa banyak mengeluarkan biaya dan mempermudah tanpa harus bertele-tele  karena dilakukan secara online,” ujar Donny.

Donny memastikan, KSP hadir untuk mendengar apa yang menjadi aspirasi dan keluhan yang ada di masyarakat. Begitu juga apa yang disampaikan Ngabalin. Ngabalin menerangkan, KSP Mendengar merupakan inisiatif untuk bisa menjemput aspirasi dari masyarakat akar rumput yang nantinya akan disampaikan ke Presiden. “KSP Mendengar bertugas untuk mendengar apa yang menjadi hambatan di masyarakat,” jelas Ngabalin.

Berbagai elemen masyarakat Kota Batam mengikuti program KSP Mendengar

Salah satu peserta yang hadir dari PW Ansor meminta Pemerintah serius memperhatikan Kota Batam agar menjadi perkembangan lokomotif Indonesia. Sementara, Edo Adrean dari Garnizun menyampaikan adanya penimbunan limbah dari pabrik dan karyawan pabrik tidak menerapkan protokol kesehatan di Kepulauan Riau. “Kami sudah kritisi, tapi selalu dihadapkan oleh premanisme dari perusahaan,” tutur Edo.

Pada kesempatan yang sama, Iwayan dari Projo menyinggung bagaimana hubungan ekonomi mandiri dengan Batam, terutama dalam kaitannya dengan free sea area. Iwayan juga berharap online system submission (OSS) bisa diadopsi di Indonesia.