Wujudkan Generasi Muda Berkarakter

Wujudkan Generasi Muda Berkarakter

Wujudkan Generasi Muda Berkarakter

JAKARTA- Pendidikan, baik formal maupun non formal menjadi kunci untuk membentuk generasi muda yang berkarakter. Membangun atau membentuk generasi muda yang berkarakter menjadi hal yang sangat mendesak di era dunia digital dengan begitu banyak perubahan dan pergeseran nilai-nilai kehidupan.

Kalimat kunci itu tercetus dalam rangkaian World Culture Forum yang berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center, 10-14 Oktober 2016. “Perubahan besar yang terjadi membutuhkan peran semua pemangku kepentingan kementerian dan lembaga, selain Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Dirjen Kebudayaan Kemdikbud, Hilmar Farid.

Dalam forum budaya dunia itu, dibentuk tim kerja khusus membahas masalah pendidikan. KSP diwakili salah seorang tenaga ahli dari Kedeputian IV, FX Rudy Gunawan turut merumuskan program-program dalam rangka menjawab tantangan yang dihadapi bangsa saat ini.

Program pertama adalah Residensi Nusantara. “Program ini penting dan strategis untuk membangun fondasi karakter yang berani, toleran, mandiri, optimis, dan solider,” kata Hilmar. Melalui program residensi nusantara anak-anak akan belajar melalui pengalaman untuk berinteraksi mengenal keberagaman dan kekayaan bangsa sekaligus keluar dari ‘kepompong’ kesukuan, agama atau primordialisme yang membungkus mereka.

Program kedua tentang pendidikan kebudayaan di sekolah, sementara program ketiga untuk memperkuat kemaritiman pada generasi muda. Ketiga program yang dirancang bersama ini diharapkan dapat terwujud sebagai terobosan alternatif untuk memperkuat karakter generasi muda Indonesia.

Close