Terima APJII, Moeldoko Dukung Sektor Ekonomi Berbasis Internet

Terima APJII, Moeldoko Dukung Sektor Ekonomi Berbasis Internet

Terima APJII, Moeldoko Dukung Sektor Ekonomi Berbasis Internet

JAKARTA - Guna mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui realisasi industri 4.0, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menerima audiensi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) di Bina Graha, Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2019.

Pada kesempatan tersebut Ketua Umum APJII Jamalul Izza menjelaskan penetrasi penggunaan Internet di Indonesia untuk mendukung percepatan ekonomi. Survei APJII pada 2018 menunjukkan, total pengguna internet Indonesia mencapai 171 juta atau sekitar 64,8 persen dari total populasi.

Ia memaparkan beberapa program untuk mendukung sektor ekonomi di Indonesia berbasis penggunaan internet. Diantaranya, program desa Internet mandiri dengan target ribuan desa terkoneksi dengan internet. Program ini diluncurkan, lantaran masih ada daerah yang belum terjamah dengan jaringan internet.apj1

Pada tahun 2020, sebanyak dua puluh ribu desa disasar sudah terkoneksi dengan internet. Fokusnya di  daerah 3 T yang disinergikan dengan dana desa untuk penggunaan internet. “Bumdes bisa jadi penyelenggara internet lokal yang didukung oleh Kementerian Desa,” ucap Jamalul Izza.

Sementara itu Henry Kasyfi Soemartono Sekretaris Jenderal APJII menyampaikan upaya mengurangi penyebaran berita bohong digital (hoax) dan pelaksanaan blocking konten negatif di dunia maya. “APJII juga turun langsung ke masyarakat mensosialisasi internet sehat dan penggalakan email nasional buatan anak bangsa untuk keamanan data di Indonesia.”

Kepala Staf Kepresidenan menyambut baik gagasan yang dikemukakan APJII terutama penyelenggaraan internet di desa-desa dan pentingnya aplikasi nasional untuk keamanan data masyarakat Indonesia.

Close