Slide background

Noer Fauzi Rachman

Noer Fauzi Rachman adalah Staf Khusus Kepala Staf Kepresidenan. Sebelum bergabung dengan Kantor Staf Presiden, Noer Fauzi Rachman terlibat di Kantor Transisi Jokowi-JK sebagai Ketua Kelompok Kerja di Bidang Petani, Pertanian dan Kehutanan.

Dia adalah guru dan peneliti terutama dalam bidang studi-studi politik agraria dan gerakan sosial, kebijakan pertanahan dan pengelolaan sumber daya alam, hingga pembangunan pedesaan dan pemberdayaan komunitas. Dia memberi kuliah, membimbing penelitian, meneliti, mendokumentasikan, menulis, hingga ceramah dalam seminar/komferensi di dalam dan luar negeri. Di tahun 2011, ia memperoleh PhD dalam bidang Environmental Science, Policy and Management (ESPM) dari University of California, Berkeley, pada tahun 2011. Judul disertasinya adalah The Resurgence of Land Reform and Sosial Movement di Indonesia, yang versi Indonesianya diterbitkan oleh Insist Press, Yogyakarta.

Sepanjang masa lebih dari dua puluh tahun sebagai scholar activist dia sangat produktif menghidupkan gerakan sosial dan studi politik agraria Indonesia, melalui latihan lokakarya, penelitian dan publikasi karya-karya tulis. Buku utamanya adalah Petani dan Penguasa, Dinamika Perjalanan Politik Agraria Indonesia (Yogyakarta: Pustaka Pelajar bekerja sama dengan Insist Press dan Konsorsium Pembaruan Agraria, 1999), dan Memahami Gerakan-gerakan Rakyat Dunia Ketiga (Yogyakarta: Insist Press 2005), Land Reform dari Masa ke Masa. (Yogyakarta, Tanah Air Beta dan Konsorsium Pembaruan Agraria, 2012). Buku terakhirnya adalah Panggilan Tanah Air (Penerbit Literasi Press, Yogyakarta).

Close