Tahun Depan Kuota Haji Bertambah 10 ribu

Tahun Depan Kuota Haji Bertambah 10 ribu

Tahun Depan Kuota Haji Bertambah 10 ribu

JEDDAH- Kabar gembira bagi calon jamaah haji Indonesia yang masuk daftar tunggu. Pertemuan marathon yang dilakukan Presiden Joko Widodo selama berada di Jeddah pada Sabtu 12 September 2015 langsung memberikan hasil nyata. Pernyataan ini disampaikan Sekretaris Kabinet Pramono Anung ketika memberikan keterangan pers di Istana Raja Faisal Jeddah, Sabtu malam 12 September 2015.

Seskab menjelaskan saat jamuan santap siang kenegaraan, Presiden menyampaikan kepada Raja Arab Saudi tentang penambahan kuota haji. Tidak berapa lama, saat Menteri Negara urusan Agama Kerajaan Arab Saudi Muhamad Ali Sheikh melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden, sekaligus juga menyampaikan persetujuan penambahan kuota haji sebesar 10.000.

Penambahan kuota haji ini, tidak mengurangi perhatian Presiden kepada peningkatan kualitas pelayanan ibadah Haji. "Meski sekarang banyak kemajuan masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan," ucap Seskab.

Kuota menjadi hal yang penting, kata Seskab, karena Indonesia adalah jumlah penduduk yang besar, maka seseorang yang mendaftar baru dapat mewujudkan ibadah hajinya pada 10 tahun mendatang.

Sejak tahun 2013 Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kuota haji dari negara-negara pengirim jamaah sejak 2013. Kebijakan itu diterapkan menyusul pembangunan Masjidil Haram yang tengah berlangsung.

Close