Suka Cita dan Gemilang Prestasi di Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2018

Suka Cita dan Gemilang Prestasi di Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2018

Suka Cita dan Gemilang Prestasi di Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2018

BEKASI –  Pada Senin 3 Desember 2018, Presiden Joko Widodo menghadiri acara puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2018 yang berlokasi di halaman Mall Summarecon Bekasi. Rangkaian peringatan HDI 2018 diawali pada hari Minggu, 2 Desember 2018 dan dibuka oleh Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita. Tema nasional peringatan HDI tahun ini adalah ‘Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas’ yang merupakan turunan dari tema internasional yaitu ‘Empowering persons with disabilities and ensuring inclusiveness and equality’.

Presiden Jokowi mengawali sambutannya dengan menekankan prestasi gemilang Indonesia dalam perhelatan Asian Para Games 2018 di mana atlet Indonesia berhasil meraih peringkat kelima dengan total 37 medali emas. Hal ini jauh melebihi prestasi Indonesia di ajang Asian Para Games 2014 yang berhasil membawa 9 emas dan berada di peringkat kesembilan.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga memberikan apresiasi kepada beberapa penyandang disabilitas berprestasi mulai dari desainer pakaian, juara hafidz Alquran, dan beberapa penyandang disabilitas berprestasi lainnya. Presiden Jokowi juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para penyandang disabilitas seperti 2000 alat bantu dengar dan 1000 kursi roda. Namun, satu hal yang membuat Jokowi semakin tersentuh adalah kehadiran Adul, seorang siswa kelas 3 SDN X Cibadak Sukabumi penyandang disabilitas yang setiap hari pergi ke sekolah dengan merangkak sepanjang 3 kilometer.bek2

“Ketika saya tanya ke Adul mau minta apa, saya pikir dia akan menyebut barang. Tapi saya kaget, karena dia menjawab ‘saya ingin bisa bersekolah dari SD hingga kuliah dengan gratis’. Tentunya semangat dan kegigihan Adul ini yang menjadikannya pantang menyerah dan motivasi untuk terus mengenyam pendidikan.” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi penyelenggaraan peringatan HDI 2018 yang berjalan dengan penuh suka cita, prestasi dan menunjukkan bahwa kita mampu melakukan lompatan-lompatan untuk menuju ke arah yang lebih baik. Pernyataan Presiden tersebut juga diamini oleh banyak peserta yang hadir dalam acara tersebut, salah satunya adalah Nurul Andriani. “Saya sangat mengapresiasi HDI 2018 ini karena baru kali ini saya merasakan peringatan yang luar biasa dengan kehadiran Presiden Jokowi. Dulu-dulu sebelum Presiden Jokowi tidak ada presiden yang hadir. Hari ini Presiden Jokowi hadir bersama kami di acara HDI yang merupakan bagian dari penghargaan terhadap penyandang disabilitas. Juga, Presiden Jokowi bergerak lebih nyata dan konkret dalam mewujudkan pemenuhan dan perlindungan hak asasi penyandang disabilitas. HDI 2018 ini HDI yang luar biasa.” ungkap Nurul yang merupakan perwakilan organisasi Sentra Advokasi Perempuan Difabel dan Anak (SAPDA) Yogyakarta.

Close