Sinergi “Habibie-Habibie” Membangun Bangsa

Sinergi “Habibie-Habibie” Membangun Bangsa

Sinergi “Habibie-Habibie” Membangun Bangsa

JAKARTA- Indonesia memiliki banyak tokoh seperti Prof Dr BJ Habibie. Para ahli di bidang sains dan teknologi. Keahlian anak bangsa ini jika disinergikan akan menguatkan Indonesia menuju negara maju.

Demikian salah satu poin menarik dari perbincangan Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn.) Dr Moeldoko saat menerima Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE). Perwakilan ini dipimpin Bimo Sasongko yang didirikan pada 2 Agustus 2013. IABIE adalah para lulusan SMA terbaik di seluruh Indonesia yang berjumlah kurang lebih 1500 orang.

“Pada tahun 1982-1996, Pak Habibie mempunyai inisiatif mengirimkan putra-putra terbaik belajar ke luar negeri. Ada yang kemudian melanjutkan hingga S2 dan S3 di bidang sains dan teknologi di beberapa negara maju seperti Jerman, USA, Perancis, Inggris hingga Jepang,” kata Bimo.

Saat ini para anggota IABIE tersebar di seluruh tanah air dan memberikan kontribusi sesuai keahliannya. Bahkan di antaranya menghasilkan penemuan-penemuan yang membanggakan di bidang teknologi, dirgantara, pertahanan, hingga inovasi big data.

“Kami sampaikan bahwa anak bangsa juga bisa. Posisi IABIE sangat penting, bersinergi membantu pemerintah,” ujarnya.

img_9913

Hal lain yang dibicarakan terkait dengan pengembangan pendidikan. IABIE mengusulkan program beasiswa kepada lulusan SMA terbaik seperti yang dilakukan mantan Presiden Habibie dilanjutkan kembali.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sangat mengapresiasi gagasan-gagasan yang disampaikan IABIE. Ia berharap sinergi bersama membangun bangsa terus ditingkatkan.

Untuk diketahui, memasuki tahun keempat pemerintahan Jokowi-JK fokus pada pembangunan infrastruktur, selanjutnya pemerintah akan masuk tahapan besar yang kedua, yaitu investasi di bidang sumber daya manusia.

img_9930

Turut mendampingi Moeldoko, Yanuar Nugroho, Deputi II Kepala Staf Kepresidenan. Ia menambahkan, salah satu tugas Kantor Staf Presiden mengelola program prioritas dan isu-isu strategis, ke depannya IABIE bisa memberikan masukan-masukan terkait isu-isu strategis yang dikawal KSP.

Close