Selamatkan Generasi Muda dari Tembakau

Selamatkan Generasi Muda dari Tembakau

Selamatkan Generasi Muda dari Tembakau

JAKARTA- Sekitar 40 anak muda dari 25 kota di Indonesia menggelar aksi pembacaan deklarasi Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) untuk Indonesia di depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 10 Mei 2017.

FCTC adalah perjanjian internasional yang diadopsi pada Majelis Kesehatan Dunia yang bertujuan melindungi generasi muda dari efek merusak konsumsi tembakau pada kesehatan, sosial, lingkungan, dan ekonomi. Perjanjian ini mengikat pengaturan produksi, penjualan, distribusi, periklanan, dan perpajakan tembakau.

Yayasan Lentera Anak selaku penggagas gerakan ini menyuarakan aspirasi kaum muda di bidang pengendalian tembakau. Mereka mendorong Pemerintah untuk mengaksesi FCTC. Ini didasari keresahan di mana 30 persen anak Indonesia merokok sebelum usia 10 tahun.

“Dan 75 persen anak muda mulai merokok sebelum usia 19 tahun,” sebut Gerakan Muda FCTC dalam deklarasinya.

Deputi V bidang Politik, Hukum, Pertahanan, Keamanan, dan HAM Kantor Staf Presiden (KSP), Jaleswari Pramodhawardani datang menemui peserta deklarasi. Jaleswari mengapresiasi gerakan generasi muda ini. Apa yang disuarakan sangat baik, bahwa gerakan ini berkembang sebagai gerakan sosial dengan langkah konkrit beraudiensi dengan instansi-instansi terkait yang memiliki otoritas dalam pengambilan kebijakan.

“Semua masukan tentu akan didengar dan menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah dalam menentukan arah kebijakan,” kata Jaleswari.

img_1680

Close