Slide background

Situation Room

Situation Room Presiden adalah Ruang Kendali Operasi yang dikhususkan bagi Presiden dan Wakil Presiden RI serta pihak-pihak tertentu yang diizinkan. Ruang yang terletak di lantai 1 Gedung Bina Graha Jakarta itu dibangun secara bertahap sejak 2007 dan saat ini dikelola oleh Kantor Staf Presiden sebagai pusat kendali dalam menjalankan pemerintahan dan pengendalian prioritas nasional, baik yang dilaksanakan di pusat maupun di daerah serta untuk memfasilitasi pengambilan keputusan yang efektif didasarkan pada analisis yang informatif-kolaboratif dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara intensif dari informasi strategis terpercaya. Situation Room merupakan kumpulan berbagai sumber daya informasi yang terintegrasi dengan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi mutakhir.

Ruang yang lebih familiar disebut sebagai “Situation Room Bina Graha” itu, memiliki tiga fungsi utama yaitu sebagai pusat kolaborasi untuk melakukan pengawasan dan pengendalian pembangunan dan dalam situasi krisis/khusus/mendesak, dimana Presiden dan Wakil Presiden dapat berkomunikasi baik secara langsung, audio mapun video conference dengan para pihak terkait secara aman dan nyaman. Situation Room juga sebagai salah satu fasilitas Presiden melakukan pengambilan keputusan yang efektif berdasarkan data/informasi dari berbagai sumber baik internal maupun eksternal yang sudah tervalidasi dan terpercaya. Yang terakhir Situation Room sebagai fasilitas pusat data, informasi dan knowledge Presiden dan Wakil Presiden untuk pembuatan dan pelaksanaan kebijakan.

Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) khususnya pemanfaatan secara optimal teknologi informasi dan komunikasi, Situation Room telah memiliki jaring komunikasi data yang aman dengan sejumlah instansi pusat, daerah dan luar negeri. Jalur ini merupakan bagian dari infrastruktur dasar yang ada di Situation Room dalam menjamin pasokan informasi yang cepat, tepat, dan akurat bagi Presiden dan Wakil Presiden.

Penggalangan isu hingga pendalaman analisis informasi untuk Presiden dan Wakil Presiden, apalagi dengan tenggat waktu yang dituntut harus cepat, mustahil jika dikerjakan sendiri di Situation Room. Dibutuhkan kerja sama yang erat antara Situation Room dengan pihak Kementerian, Lembaga dan instansi daerah atau Pemda maupun pihak-pihak bersangkutan lainnya untuk mendukung fungsi Situation Room. Bagi aparatur di K/L/Pemda, melalui sistem pelibatan multipemangku kepentingan ini, sudah barang tentu akan menempatkan Situation Room sebagai substansi pemicu sekaligus pemacu bagi terwujudnya tata-kepemerintahan yang baik. Dengan demikian, manfaatnya pun, secara langsung maupun tidak, dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

SRBG_kunjungan_Jokowi_Vicon_20141130

Presiden Joko Widodo pertama kali menggunakan situation room untuk video conference dengan TKI di Luar negeri pada 30 Nopember 2014

 

Demi menjamin keamanan informasi bagi Presiden dan Wakil Presiden, maka dilakukan pengelolaan dan pengamanan tingkat tinggi baik pada aspek sistem, aspek fisik dan orang yang bekerja di Situation Room. Pengelolaan pengamanan di Situation Room dilakukan Kantor Staf Presiden bekerja sama dengan Lembaga Sandi Negara.

Close