Persiapkan Generasi Muda yang Tanggap Teknologi

Persiapkan Generasi Muda yang Tanggap Teknologi

Persiapkan Generasi Muda yang Tanggap Teknologi

JAKARTA– Tongkat estafet kepemimpinan di Indonesia kelak akan digenggam oleh generasi muda. Kita semua perlu menyiapkan generasi penerus bangsa baik dari sisi kepemimpinan, karir maupun pendidikan. Persaingan di era global ke depan sangat ketat karena di masa yang akan datang semua saling berlomba meningkatkan keahlian sesuai dengan kebutuhan industri.

Rektor Universitas Paramadina Prof. Firmanzah, PH.D. mengatakan bahwa sebagai institusi pendidikan, Paramadina akan terus melakukan gerakan untuk membangun Indonesia. “Pemerintah juga akan terus mendukung generasi muda untuk meningkatkan skill dan pendidikan sehingga ke depannya siap menghadapi persaingan global,” ujarnya dalam acara Impact Talks yang bertajuk Leadership, career and scholarship.

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menegaskan agar generasi muda harus tanggap terhadap teknologi karena jika tidak maka akan tertinggal oleh negara-negara lain. Tidak hanya tanggap, inovasi dan antisipasi juga merupakan hal yang sangat krusial karena ini menjadi dasar kita dalam berlomba dengan persaingan global.

persiapkan-generasi-muda-yang-tanggap-teknologi-1

“Ada lima fenomenal global yang harus kita persiapkan diri untuk menghadapinya yaitu dunia saat ini terus berubah (change), perubahan yang sangat cepat (speed), banyaknya resiko (risk), permasalahan yang kompleks (complexity), dan kejutan-kejutan yang terus bermunculan (surprise),” tutur Moeldoko, di Universitas Paramadina, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Acara Impact Talks ini juga mengundang beberapa pembicara lain seperti Indra Umbara pengajar muda “Indonesia Mengajar”, Nadia Fitriani dari Kantor Staf Presiden program Young Leader Indonesia, Akhmad Arsya Sani dari Kantor Staf Presiden dan Pande Made Anagha juga dari Kantor Staf Presiden peraih LPDP Scholarship Awardee.

Indra Umbara menuturkan bahwa dalam mempersiapkan skill dan pendidikan untuk masa depan, banyak cara yang bisa dilakukan. “Tips untuk dapat beasiswa sebenarnya yang penting hanyalah menjadi diri sendiri. Tunjukkan kita punya mental yang kuat, punya kemauan untuk maju dan menggunakan apa yang kita punya untuk dikontribusikan kembali kepada bangsa dan negara,“ paparnya.

persiapkan-generasi-muda-yang-tanggap-teknologi-2

Menutup kegiatan ini, Pande Made Anagha menyampaikan beberapa tips untuk mendapatkan beasiswa. “Galilah informasi sebanyak mungkin, ketahui apa yang ingin kita pelajari dan menjadi diri sendiri serta menginterpretasikan diri secara lebih baik lagi,” tegasnya.*

Close