Percepatan Pemenuhan Kebutuhan Listrik di Kaltara

Percepatan Pemenuhan Kebutuhan Listrik di Kaltara

Percepatan Pemenuhan Kebutuhan Listrik di Kaltara

JAKARTA- Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Dr Moeldoko menerima kunjungan Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie. Hal yang dibahas berkaitan dengan percepatan pembangunan di Kalimantan utara, khususnya pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) yang merupakan kerja sama PT Pertamina dan PT PLN di mulut sumur gas Blok Seimanggaris, Nunukan.

Irianto melaporkan progres pembangunan PLTG yang memerlukan akselerasi agar listrik di provinsi ke-34 ini bisa dinikmati hingga ke daerah-daerah perbatasan. Persoalan listrik memang masih menjadi fokus pemerintah. Pemerintah terus berupaya memenuhi 100 persen kebutuhan listrik dan jaringan transmisi dari Tanjung Redeb, Berau ke Tanjung Selor, Bulungan hingga Malinau, Tana Tidung, Nunukan dan Tarakan.

“Mudah-mudahan, bisa secepatnya terealisasi,” kata Irianto di Kantor Staf Presiden, Jumat, 18 Mei 2018.

Saat ini telah dimulai pembangunan jaringan interkoneksi untuk menyuplai listrik dari Kaltim ke Kaltara atau sebaliknya. Menurut Irianto, interkoneksi itu penting. Apalagi, kelak listrik yang tersedia di Kalimantan Utara cukup besar. Salah satunya, pembangunan PLTA di Kecamatan Peso, Bulungan, dengan tahap pertama direncanakan menghasilkan daya sebesar 900 megawatt.

Hal lain yang disampaikan Gubernur Kaltara juga terkait percepatan terbitnya instruksi presiden (Inpres) tentang pembangunan Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor. Informasi terakhir, dikatakan Irianto, draf telah dibahas Kementerian Keuangan bersama lembaga dan kementerian terkaitnya. Hal ini berkaitan dengan penganggaran program tersebut, jika nantinya diterbitkan Inpres.

Kepala Staf Kepresidenan Dr Moeldoko menyambut positif aspirasi-aspirasi yang disampaikan, apalagi ini berkaitan dengan kemajuan provinsi termuda di Indonesia ini. Kantor Staf Presiden akan menindaklanjuti hal ini dengan kementerian dan lembaga terkait. Kantor Staf Presiden bersama Pemprov Kaltara akan menyiapkan tim kecil untuk memonitor progres pembangunan pembangkit PLTG Seimanggaris.

Close