Penasihat Politik Kedubes AS Sambangi Deputi IV KSP

Penasihat Politik Kedubes AS Sambangi Deputi IV KSP

Penasihat Politik Kedubes AS Sambangi Deputi IV KSP

Di sela-sela kesibukannya, Deputi IV Kantor Staf Presiden, Eko Sulistyo, menerima kunjungan Penasihat Politik Kedutaan Besar Amerika Serikat Mark D. Clark, Jumat, 11 September 2015. Kunjungan tersebut juga merupakan kesempatan perkenalan dan silaturahmi di antara keduanya.

Pada kesempatan tersebut, keduanya berdiskusi mengenai perkembangan demokrasi di Indonesia sejak Reformasi 1998.  Clark mengungkapkan kekagumannya atas berjalannya proses demokratisasi sambil menambahkan bahwa tidak satupun sistem demokrasi berjalan tanpa kekurangan dan hambatan.  Diskusi tersebut juga membahas proses revitalisasi partai politik di Indonesia, seraya menyinggung perbandingan sistem partai politik dan parlemen di kedua negara dan perkembangan politik terkini.

Clark dalam pertemuan ini juga menyinggung perkembangan Islam dan demokrasi di Indonesia yang menunjukkan arah positif dan mampu memperkokoh perjalanan demokrasi.  Islam di Indonesia menurutnya mampu menjadi penyangga persatuan dan kesatuan bangsa.  Karena perbedaan yang ada dalam Islam di Indonesia tidak dipertajam dan diperuncing menjadi permusuhan tapi menjadi modal dan kekuatan bersama.  Hal ini misalnya bisa dilihat dari pertumbuhan dan perkembangan dua ormas Islam terbesar seperti NU dan Muhammadyah yang telah banyak memberikan kontribusinya bagi perjalanan politik dan  demokrasi di Indonesia.

Pertemuan berakhir setelah pembahasan mengenai hal-hal yang dapat menjadi poin kerja sama antara Kedutaan Besar Amerika Serikat dengan Kantor Staf Presiden, pada khususnya Kedeputian IV bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi.

Close