Pemkot Ambon Pilot Project Penerapan LAPOR! di Indonesia Timur

Pemkot Ambon Pilot Project Penerapan LAPOR! di Indonesia Timur

Pemkot Ambon Pilot Project Penerapan LAPOR! di Indonesia Timur

JAKARTA – Kantor Staf Presiden dan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (Memorandum of Understanding) pemanfaatan aplikasi LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) di Kantor Staf Presiden, Senin, 25 Juli 2016.

Dengan penandatanganan ini, Pemkot Ambon menjadi pemerintah daerah pertama di Provinsi Maluku dan pemerintah daerah pertama di Indonesia bagian timur yang menerapkan LAPOR! dalam pengelolaan aspirasi dan pengaduan masyarakat. Pemkot Ambon juga secara otomatis terhubung dengan sistem pengaduan nasional, sehubungan telah ditetapkannya LAPOR! sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N).

“Pemkot Ambon dipilih sebagai percontohan (pilot project) implementasi LAPOR! di tingkat pemda”, ujar Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Darmawan Prasodjo.

Menurut Darmawan, penunjukan ini tidak lepas dari semangat dan komitmen Pemkot Ambon untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat. Harapannya, dengan pilot project ini, Pemda lain dapat mencontoh semangat dan komitmen Pemkot Ambon.

Menanggapi hal ini, Walikota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan kesiapannya sebagai pilot project.

“Dengan keterhubungan ini, Pemkot Ambon akan lebih banyak mendengarkan suara masyarakat untuk meningkatkan kualitas pembangunan dan pelayanan publik di Kota Ambon”, terang Richard.

Richard menambahkan, kerja sama ini akan langsung ditindaklanjuti dengan penyiapan tim pengelola pengaduan yang andal dan responsif. Untuk mendukung terobosan pelayanan publik di Kota Ambon melalui LAPOR! ini, Kantor Staf Presiden bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Ombudsman RI juga siap melakukan pembinaan.

5

Aplikasi LAPOR! telah terhubung dengan seluruh kementerian dan lembaga pemerintah, seluruh BUMN, dan perwakilan RI di luar negeri secara terpadu dengan konsep no wrong door policy. Penguatan pengelolaan aspirasi dan pengaduan melalui aplikasi LAPOR! sejalan dengan amanat Presiden Joko Widodo dalam Nawa Cita, yaitu untuk melibatkan masyarakat dalam membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya. Hal ini selaras pula dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Kantor Staf Presiden dan Pemkot Ambon mengajak masyarakat Kota Ambon menyampaikan aspirasi dan pengaduan melalui situs www.lapor.go.id atau SMS ke nomor 1708 dengan format AMBON (spasi) aduan.

“Saya akan pantau dan awasi langsung tindak lanjutnya”, pungkas Richard.

Close