Pelepasan dan Serah Terima Jabatan Mayjen TNI Andogo Wiradi

Pelepasan dan Serah Terima Jabatan Mayjen TNI Andogo Wiradi

Pelepasan dan Serah Terima Jabatan Mayjen TNI Andogo Wiradi

JAKARTA- Kantor Staf Presiden (KSP) menggelar acara pelepasan dan serah terima jabatan dari Mayjen TNI Andogo Wiradi kepada Jaleswari Pramodharwardani sebagai Deputi V KSP bidang Politik, Hukum, Keamanan dan HAM di Ruang Rapat Utama, Gedung Bina Graha, Jakarta, Jumat (26/2/2016).

Hal ini dilakukan sehubungan penugasan Andogo Wiradi di luar Kantor Staf Presiden. Andogo akan kembali membantu Panglima TNI sebagai koordinator staf ahli di Mabes TNI.

Acara pelepasan dan serah terima ini berlangsung santai dan penuh keakraban. Dalam sambutannya Deputi 1 Darmawan Prasodjo selaku ketua panitia menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas darma bakti yang telah diberikan Andogo selama menjabat Deputi V KSP.

“Selama bertugas beliau sudah memberikan yang terbaik. Kerjasama yang telah dibangun selama ini menjadi modal untuk kerjasama di tempat lain,” kata Darmawan, yang akrab disapa Darmo.

Deputi II Yanuar Nugroho menceritakan kesannya saat pertama kali bertemu Andogo yang dinilainya sebagai sosok rendah hati dan ingin bekerjasama.

“Waktu pertama kali bertemu saya, beliau tanya, “Mas Yanuar perlu apa? Apa yang bisa saya bantu?” kenang Yanuar.

Yanuar mencatat beberapa hal besar yang dilakukan Deputi V di bawah kepemimpinan Andogo. Di antaranya turun langsung menyelesaikan konflik-konflik di lapangan, penyelesaian debottlenecking program-program prioritas, penyelesaian kasus Tolikara, dan pendalaman kasus mafia beras yang sempat heboh beberapa waktu lalu.

“Pendekatan beliau tidak hanya persuasif tapi juga patriotisme. Kami bangga dengan banyak hal yang telah kita kerjakan bersama, dan kami gembira atas posisi baru beliau,” kata Yanuar.

Sementara itu, Kepala Staf Presiden Teten Masduki mengatakan, meski tak lagi di KSP, namun Andogo yang selama ini bekerja cukup baik tetap berhubungan baik dengan KSP. Sebab TNI dan KSP akan banyak menjalankan tugas-tugas bersama dari Presiden.

“Pengabdian untuk bangsa tak hanya di sini, tapi di mana saja. Kita bersama-sama berjuang agar Nawacita bisa jalan tidak hanya 5 tahun tapi untuk 10 tahun ke depan,” katanya.

Teten secara pribadi dan lembaga mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan mohon maaf jika ada kesalahan selama bertugas di KSP.

“Sementara untuk mengisi kekosongan, kami menunjuk Ibu Jaleswari Pramodharwardani sebagai Pelaksana Tugas (Plt). Untuk definitif-nya akan kita ajukan beberapa nama ke Presiden,” katanya.

andogo-1024x683

Di akhir acara, Andogo juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Staf Presiden, para Deputi dan rekan-rekan tenaga profesional di KSP jika ada hal yang kurang berkenan.

“Saya ingat pesan orang tua saya; kamu adalah kamu, dan kamu bukan siapa-siapa. Karena itu saya selalu menempatkan diri bekerja untuk negara dan bangsa tanpa pamrih. Selagi lagi terima kasih, mohon saya tetap diterima jika datang ke sini,” kata Andogo bercanda yang disambut tepuk tangan meriah seluruh staf KSP.

Acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan berupa cenderamata dari Kepala Staf Presiden kepada Andogo.

Sekilas mengenai Andogo Wiradi, Ia besar dalam lingkungan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. Di samping itu berpengalaman juga sebagai dosen pengajar di LEMHANAS RI. Dalam perjalanan karirnya pernah menjadi Asisten Deputi Koordinasi Pengelolaan Wilayah Khusus Kementerian Koordinator Polhukam RI. Pengalaman lainnya antara lain pernah menjabat sebagai Kepala Staf Kodam I/Bukit Barisan, setelah sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Kodam (Irdam V) Brawijaya seusai menyelesaikan tugasnya sebagai Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama Surakarta.

Close