Pastikan Dengar Keluhan Masyarakat, Pemerintah Perkuat Aplikasi LAPOR!

Pastikan Dengar Keluhan Masyarakat, Pemerintah Perkuat Aplikasi LAPOR!

Pastikan Dengar Keluhan Masyarakat, Pemerintah Perkuat Aplikasi LAPOR!

SURABAYA - Pemerintah menunjukkan komitmen untuk terus memperbaiki pelayanan publik, salah satunya dengan cara terus menyempurnakan kanal aduan publik. Bertempat di Surabaya, 7 Februari 2019, Kantor Staf Presiden, Kementerian PANRB dan Ombudsman RI meluncurkan penyempurnaan LAPOR!, sebagai platform digital nasional yang digunakan untuk mendengar keluhan publik. LAPOR! telah sukses menyelesaikan aduan masyarakat, dari mulai permasalahan urban seperti urusan kebersihan (sampah) sampai dengan aduan terkait konflik lahan.

Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho menyampaikan bahwa Presiden Jokowi berkomitmen untuk terus memperbaiki kinerja pelayanan publik melalui digitalisasi pemerintah.

“Hal ini terbukti pada mandat atas digitalisasi pelayanan publik yang tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” kata Yanuar.ah2

LAPOR! merupakan inisiatif yang digagas sejak tahun 2013 dan kini telah terhubung dengan 131 Kementerian/ Lembaga dan 455 pemerintah daerah.

Yanuar menambahkan bahwa  LAPOR! yang kini telah melalui penyempurnaan versi ketiga, memiliki fitur untuk melacak keluhan yang disampaikan pengguna. Dengan penyempurnaan ini, masyarakat memperoleh kepastian atas aduan yang disampaikan.

“Selain itu versi terbaru juga mengakomodir tampilan antarmuka yang tidak kalah menarik dengan aplikasi 'ala startup',” jelasnya.ahik5

Dadan Suharmawijaya anggota Ombudsman RI menyatakan bahwa kita perlu membangun alat yang baik untuk dapat menampung seluruh pengaduan dan aspirasi masyarakat.

“Oleh karena itu kami berinisiatif untuk dapat  mengadopsi LAPOR! Sebagai instrumen dari Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N),” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Timur Ardo Sahak selaku tuan rumah dan perwakilan Pemerintah Daerah yang menggunakan LAPOR!, menyampaikan penyelenggaraan pengelolaan pengaduan ini dianggap perlu agar masyarakat mengetahui kewajiban dan haknya dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik, serta ikut memantau penyusunan kebijakan dan  pembangunan di Jawa Timur.

Adapun Imam Mahdi selaku Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Pelaksanaan Sistem Administrasi Pemerintahan dan Penerapan (SPBE), Kementerian PANRB, menyampaikan bahwa LAPOR! diharapkan menjadi aplikasi yang digunakan oleh seluruh instansi pemerintah dalam dua tahun mendatang.ahik1

Close