Menuju Pelayanan Publik dan Taraf Hidup Yang Lebih Baik

Menuju Pelayanan Publik dan Taraf Hidup Yang Lebih Baik

Menuju Pelayanan Publik dan Taraf Hidup Yang Lebih Baik

JAKARTA - Adanya perubahan pelayanan publik dan taraf hidup di Indonesia menjadi topik perbincangan antara Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Ted C. Fishman serta Tandean Rustandy dari Rustandy Foundation Kamis, 13 September 2018.

Pertemuan tersebut membahas Global Leadership serta pandangan Ted Fishman terhadap perubahan di Indonesia pada pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. “Perubahan tidak hanya terjadi di Jakarta, tapi juga pada peningkatan pelayanan publik di daerah-daerah lain seperti adanya Online Single Submission. KSP pun membuat acara Leaders Talk , bagaimana meningkatkan pelayanan agar lebih baik,” kata Moeldoko.

Ted Fishman menyukai perubahan yang terjadi di indonesia. “It is so wonderful to see the things you love (Indonesia) grow overtime and I want everybody to come here,” kata Ted Fishman.

Penulis buku China Inc dan Shock of Gray Ted Fishman ini pernah tinggal beberapa tahun di Indonesia dan menyatakan bahwa banyak pelajaran berharga yang didapat dari negara ini seperti friendship. “I learn to be a better friend,” kata Ted Fishman.

lead2Ted memberikan usul bahwa institusi perlu ditambahkan nilai-nilai friendship. Dalam sebuah institusi, friendship menjadi sangat penting karena dapat merekatkan hubungan antar anggota dalam institusi tersebut. “Support friendship, put friendship inside the institution,” tegas Ted Fishman.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo secara tidak langsung menerapkan nilai friendship tersebut karena pemerintahannya tidak berjarak yang membuat masyarakat memiliki kedekatan dan dapat bekerja sama.

lead4Dalam hal populasi penduduk Ted Fishman juga menulis ikhwal perubahan populasi dunia. “The huge change in Indonesia is family size. The family gets smaller,” jelas Ted Fishman.

Kepala Staf Kepresidenan juga melihat bahwa ada perubahan besar di masyarakat. “Ada sebuah perubahan generasi, dulu hidup susah dan sekarang beruhah. Saya memiliki 2 anak dan terdapat perubahan di bidang pendidikan dan ekonomi secara drastis. Dulu sedikit yang bisa masuk ke perguruan tinggi, berbeda dengan generasi sekarang. Hal ini merupakan sebuah fenomena perubahan taraf hidup,” katanya.

Dengan adanya fenomena tersebut, kualitas SDM meningkat dan menunjukan bahwa Indonesia bisa semakin baik. “Di KSP banyak anak muda hebat. Kami bantu mengarahkan dan selalu mendukung agar menjadi generasi penerus bangsa yang unggul,” kata Moeldoko.lead1

Close