Menangkap Peluang Lewat Ekspansi

Menangkap Peluang Lewat Ekspansi

Menangkap Peluang Lewat Ekspansi

Jakarta -  Di tengah tantangan perekonomian global, Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (ASAKI) optimis untuk berekspansi dan memperkuat industri keramik. "Industri keramik sudah cukup matang untuk berekspansi di tengah tantangan global saat ini. Kami melihat tantangan itu sebagai peluang," ucap Edy Suyanto Ketua ASAKI ketika mengunjungi Kantor Staf Presiden, Selasa (11/12/2018).

Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn.) Dr. Moeldoko SiP. menyambut hangat jajaran ASAKI itu.  Dalam pertemuan ini, Edy menuturkan bahwa kapasitas produksi keramik Indonesia saat ini adalah 380 juta dan peringkat 9 di dunia, namun pihak ASAKI menargetkan pada tahun depan kapasitas ditingkatkan menjadi 442 juta dan merebut ke posisi 6 besar dunia.

ASAKI meminta bantuan dan atensi dari pemerintah untuk mengatur regulasi agar target bisnis di Industri keramik dapat berjalan dengan baik. Adanya peningkatan harga impor dari China menjadi salah satu hambatan dalam perkembangan industri keramik, yang sebelumnya harga berada pada kisaran 2,9 USD menjadi 3,2 USD. Hal ini terjadi karena dampak kebijakan pemerintah China yang mulai memberhentikan pabrik yang tidak memakai bahan ramah lingkungan.

Regulasi diperlukan untuk menyesuaikan berapa harga impor yang pantas di Indonesia dan diharapkan adanya angka acuan minimum untuk harga di Indonesia. Selain itu, Edy dan pihaknya pun sudah menghimbau semua industri untuk berkolaborasi dengan stakeholder khususnya  pemasok mesin agar angka produksi dapat di tingkatkan.

Moeldoko mendukung penuh rencana ekspansi yang akan dilakukan oleh beberapa perusahaan yang bergabung dengan ASAKI. Ia menghimbau agar ASAKI dapat melakukan inovasi dan memanfaatkan teknologi agar tidak tertinggal dengan pesaing yang tidak terlihat di Era Disrupsi ini. “Diharapkan adanya inovasi yang efisien di tengah era disrupsi “, ucapnya.

Selain itu, Moeldoko menerima aspirasi yang telah ASAKI sampaikan yang kemudian akan dijadikan masukan untuk menyusun kebijakan yang berkaitan dengan ekonomi ke depannya.

Close