Kepala Staf Kepresidenan Serahkan Anugerah Bhumandala

Kepala Staf Kepresidenan Serahkan Anugerah Bhumandala

Kepala Staf Kepresidenan Serahkan Anugerah Bhumandala

Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn.) Dr. Moeldoko SiP. menyerahkan Anugerah Bhumandala 2018 kepada lembaga atau kementerian dan kabupaten atau kota yang mendapat predikat Penghubung Simpul Jaringan (PSJ) terbaik di Aula Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Penghargaan tertinggi PSJ, Kanaka diraih oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Pekerjaan Umum. Sementara penghargaan Kanaka untuk kabupaten/kota diraih oleh DKI Jakarta. "Anugerah Bhumandala berperan penting karena diberikan kepada Penghubung Simpul Jaringan (PSJ) terbaik yang siap dari segi teknis, kelembagaan dan proses," kata Moeldoko.

Kastaf berharap pemenang Bhumandala Award  memiliki tata kelola dan menjadi penanggung jawab yang mumpuni karena menyangkut pembangunan bangsa.

Dalam kesempatan ini juga diluncurkan Geoportal Kebijakan Satu Peta dan Peluncuran Buku Infrastruktur Nasional oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo. Kebijakan satu peta merupakan upaya pemerintah yang terkoordinir dan terintegrasi dari setiap lembaga dan kementerian guna menyelesaikan persoalan tumpang tindih lahan yang makin pelik.

Presiden Jokowi memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada pihak yang telah berkontribusi dalam proses penyusunan kebijakan ini. "Dengan kebijakan satu peta ini kasus tumpang tindih lahan bisa terselesaikan secepat mungkin. Satu referensi, satu big data dan satu portal akan memberikan kepastian, kejelasan dan konsistensi dalam membangun negara" ujar Jokowi.

Lebih lanjut  Moeldoko berpesan pada setiap instansi dan lembaga baik untuk mempersiapkan diri untuk mengelola kebijakan satu peta ini dengan baik.  "Kebijakan satu peta merupakan momentum penting bagi bangsa. Hal ini menandakan babak baru dalam perencanaan dan penyusunan kebijakan dan ini menjadi tanggung jawab kita bersama" ucap Moeldoko.

Close