Inovasi Teknologi Finansial Majukan Perekonomian Bangsa

Inovasi Teknologi Finansial Majukan Perekonomian Bangsa

Inovasi Teknologi Finansial Majukan Perekonomian Bangsa

JAKARTA - Perkembangan finansial teknologi saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Inovasi berbasis digital di sektor keuangan, memiliki potensi yang sangat besar untuk berkembang di Indonesia. Terlebih lagi ekonomi yang berbasis syariah.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Masyarakat Ekonomi Syariah mengatakan, “Indonesia memiliki potensi di sektor ekonomi digital berbasis syariah yang sangat besar, mengingat jumlah pengguna internet yang sudah lebih dari 130 juta orang.” Hal tersebut disampaikan Moeldoko dalam seminar dan peluncuran aplikasi keuangan digital berbasis syariah di Jakarta, 14 Mei 2018.

Dalam kegiatan tersebut, diluncurkan aplikasi wakaf digital yang dinamai Ammana. “Ammana hadir untuk memudahkan kolaborasi pendanaan usaha secara digital yang menguntungkan dan berkah bagi masyarakat, terutama di Indonesia,” papar Luthfi Adhiansyah selaku CEO dari Ammana Fintek Syariah.
Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Indonesia agar berperan aktif dalam pengembangan teknologi finansial.

fin2“Modal utama dalam pengembangan teknologi finansial adalah pengguna yang besar dan juga ketersediaan pengembangnya. Saat ini, Indonesia memiliki modal tersebut. Jumlah usia muda ketiga terbesar di dunia dan dengan 130 juta pengguna aktif media sosial. Nah, itu dapat menjadi salah satu modal untuk menggerakkan ekonomi Indonesia menjadi negara ekonomi digital,” kata mantan Panglima TNI itu.

Dengan modal tersebut perkembangan ekonomi Indonesia akan meningkat hingga 10% terhadap PDB dan membuka 3,7 juta lapangan pekerjaan baru. Kolaborasi antara bank dan teknologi finansial adalah kunci utama keberhasilan menggarap bisnis perbankan dan teknologi finansial dalam bentuk bank digital.

“Kolaborasi antara bank dan teknologi finansial adalah kunci utama keberhasilan menggarap bisnis perbankan dan teknologi finansial dalam bentuk bank digital,” kata Moeldoko. Melalui pendekatan ini, diharapkan akan terbangun ekonomi syariah yang lebih baik. Kolaborasi antara teknologi finansial dan bank ini mendapat dukungan penuh dari Otoritas Jasa Keuangan.

fin1Ahmad Buchori, Direktur Penelitian dan Pengembangan Bank Syariah Otoritas Jasa Keuangan mengatakan, “Perkembangan teknologi finansial begitu cepat dan OJK akan mendukung selama itu bermanfaat.”

Ammana diharapkan menjadi sebuah platform ekonomi syariah terdepan, karena Indonesia akan menuju Revolusi Industri 4.0. Inovasi menjadi ujung tombak dalam bersaing dengan negara-negara lain. “Inovasi menjadi hal yang penting. Tanpa adanya inovasi kita akan sulit untuk bersaing dengan bangsa lain. Innovate or Die!” pungkas Moeldoko.

Close