Inovasi dalam Upaya Restorasi Gambut

Inovasi dalam Upaya Restorasi Gambut

Inovasi dalam Upaya Restorasi Gambut

RIAU- Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengapresiasi inovasi warga dan pemerintah daerah dalam memanfaatkan mesin motor sebagai pompa air. Dalam kunjungan kerja ke Desa Rimbo Panjang, Riau, Kamis 21 Juli 2016, Teten meninjau lokasi sumur bor dan melihat cara kerja pompa air yang dapat menjangkau daerah terpencil.

Anggota Masyarakat Peduli Api memaparkan pembuatan sumur bor menjadi penting dalam menjamin ketersediaan air untuk pembasahan lahan gambut juga menjinakkan api dalam tahap awal jika terjadi kebakaran hutan dan lahan. Radius pemanfaatan satu titik sumur bor mencapai 25 hektar lahan.

IMG_20160721_143206_HDR[1]

Teten berharap program-program pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang inovatif diperluas agar desa lain dapat memanfaatkan.

Selain itu, Ia menyinggung upaya penegakan hukum yang terus-menerus dilakukan Pemerintah yang menjerat perusahaan atau oknum yang sengaja membakar hutan dan lahan. Upaya tersebut baik berupa pidana maupun perdata seperti pencabutan izin (administratif).

Kunjungan Kepala Staf Kepresidenan ke Riau menjadi satu rangkaian dalam kegiatan rapat koordinasi dengan BNPB, pemerintah daerah, polisi, TNI dan masyarakat. Pada kunjungan tersebut, Teten didampingi Kepala BRG, Gubernur Riau, Kapolda Riau, Danrem 031/Wira Buana.

Close