Iklim Investasi Baik Ciptakan Lapangan Kerja

Iklim Investasi Baik Ciptakan Lapangan Kerja

Iklim Investasi Baik Ciptakan Lapangan Kerja

BANTEN- Kita harus optimis meski ekonomi dunia mengalami perlambatan, tapi peluang lapangan kerja baru masih terbuka.

"Kenapa?‎ Karena masih banyak peluang di negara kita yang dapat diangkat untuk menjadi sebuah investasi dan lapangan pekerjaan," kata Presiden Joko Widodo ketika memberikan sambutan ‎pada Peluncuran Program Investasi Padat Karya Menciptakan Lapangan Kerja di Balaraja Barat, Banten, Senin 5 Oktober 2015.

Hanya dengan optimisme itulah kita bisa menyelesaikan persoalan di negara kita. "Optimisme itulah yang terus akan kita sampaikan," ujar Presiden.

Pemerintah juga terus mendorong perbaikan iklim investasi dengan mempercepat proses pendirian Badan Hukum Investasi melalui PTSP Pusat di BKPM yang meliputi izin penanaman modal (investasi), akta pendirian perusahaan dan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM sebagai badan hukum Indonesia, serta NPWP.

"Proses ini maksimal 3 jam, mulai 26 Oktober 2015," kata Presiden.‎

Presiden membandingkan proses yang sama di Dubai, Persatuan Emirat Arab hanya membutuhkan waktu 1 jam. Memang, kata Presiden, kita baru bisa menjadi 3 jam, tapi itu sudah lebih baik, karena sebelumnya adalah 8 jam. "Kalau tidak ada terobosan, kita akan ditinggal. Kalau pola lama yang masih dipakai, tidak akan ada orang datang yang berinvestasi di daerah kita," ucap Presiden.‎

‎Presiden meminta jika terjadi permasalahan di bidang investasi, terlebih lagi jika terjadi PHK, agar segera disampaikan kepada pemerintah, seperti menteri perindustrian, menteri koordinator bidang perekonomian maupun kepala BKPM. ‎

‎Sebelumnya, Kepala BKPM Franky Sibarani melaporkan bahwa B‎KPM bekerjasama dengan 16 perusahaan investasi padat karya di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah yang dapat menyerap tenaga kerja Indonesia sedikitnya 121,285 orang dalam kurun waktu lima tahun, yaitu 2015-2019. Ke-16 perusahaan yang sedang dalam tahap konstruksi terdiri dari 11 PMA dan 5 perusahaan PMDN dengan nilai total rencana investasi sebesar Rp. 18,9 T dan total realisasi investasi Rp. 11,4 T per September 2015 dengan total perkiraan nilai ekspor sebesar US 1,3 M.

Turut hadir mendampingi Presiden, Ibu Iriana Joko Widodo. Selain itu juga Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Kepala Staf ‎Kepresidenan Teten Masduki dan Gubernur Banten Rano Karno.

Close