Kantor Staf Presiden http://ksp.go.id Tue, 18 Jun 2019 13:54:19 +0000 en-US hourly 1 http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2019/05/ksp-logo-150x150.png Kantor Staf Presiden http://ksp.go.id 32 32 Audiensi Dengan Hyundai, Pererat Hubungan Kerjasama Indonesia dan Korea Selatan http://ksp.go.id/audiensi-dengan-hyundai-pererat-hubungan-kerjasama-indonesia-dan-korea-selatan/ http://ksp.go.id/audiensi-dengan-hyundai-pererat-hubungan-kerjasama-indonesia-dan-korea-selatan/#respond Tue, 18 Jun 2019 13:52:03 +0000 http://ksp.go.id/?p=31637 JAKARTA – Kepala Kantor Staf Kepresidenan Jenderal (Purn.) Moeldoko bersama dengan Deputi III Kantor Staf Presiden Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekonomi Strategis Denni Puspa Purbasari menerima audiensi perwakilan Hyundai Engineering dan Hyundai Konstruksi pada Selasa (18/6).

Dalam upaya mempererat hubungan kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan, Hyundai menyampaikan kemampuan dan pengalamannya dalam pengembangan perekonomian, infrastruktur, pendidikan guna mendukung sumber daya manusia dan yang terpenting memberikan lapangan kerja baru di Indonesia. Pihak Hyundai berharap ikut berkontribusi dalam proyek yang saat ini sedang menjadi isu hangat di Indonesia yakni pemindahan ibu kota negara.

Hyundai siap membuatkan konsorsium dalam proyek tersebut selain itu juga permodalan dan konstruksi “Kami berharap dapat membuat hubungan kerjasama dengan BUMN terkait dengan konstruksi dan kami juga siap mengerahkan teknologi dan orang-orang yang telah berpengalaman,” kata Presiden Direktur Hyundai Engineering.

Deputi III Kantor Staf Presiden menuturkan komitmen Presiden Joko Widodo meningkatkan kerjasama antara Indonesia dengan Korea terutama pada investasi.

“Untuk meningkatkan investasi, kami menyadari kerumitan yang dialami investor jadi kami berkomitmen untuk menyelesaikan masalah dalam sektor tersebut guna mendukung serangkaian program Presiden,” katanya.

Kastaf Moeldoko menyambut baik upaya Hyundai untuk terus meningkatkan kerjasama dengan Pemerintahan RI. Adapun terkait dengan pemindahan ibu kota, Moeldoko menyampaikan bahwa hal ini masih dikaji dengan teliti dengan mempertimbangkan segala aspek.

“Kami menyambut baik keinginan teman-teman untuk berkontribusi pada pembangunan Indonesia. Sebenarnya rencana pemindahan ibu kota sudah lama dibicarakan sejak zaman Presiden terdahulu. Namun perkembangan terakhir saat ini adalah perencanaan yang harus lebih dikonkritkan kembali,” ujarnya.

Hal lain yang tak kalah penting selain kajian pemindahan ibu kota yang disampaikan Kastaf, ialah fokus pemerintah pada tahun 2019 ini yakni pembangunan sumber daya manusia.

]]>
http://ksp.go.id/audiensi-dengan-hyundai-pererat-hubungan-kerjasama-indonesia-dan-korea-selatan/feed/ 0
Rapat dengan Komisi II DPR, Moeldoko Singgung Anggaran KSP yang Turun Terus http://ksp.go.id/rapat-dengan-komisi-ii-dpr-moeldoko-singgung-anggaran-ksp-yang-turun-terus/ http://ksp.go.id/rapat-dengan-komisi-ii-dpr-moeldoko-singgung-anggaran-ksp-yang-turun-terus/#respond Tue, 18 Jun 2019 07:16:16 +0000 http://ksp.go.id/?p=31630 JAKARTA- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyinggung anggaran Kantor Staf Presiden (KSP) yang terus mengalami penurunan tiap tahun. Sementara KSP bertugas mengelola program strategis nasional dan isu-isu strategis yang memerlukan dukungan yang besar.

Hal tersebut disampaikan Moeldoko dalam rapat kerja dengan Komisi II terkait dengan pembicaraan pendahuluan RAPBN 2020 di Gedung DPR RI, Selasa, 18 Juni 2019.

Hadir dalam rapat Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Deputi dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

“Kasihan KSP turun terus. Padahal KSP melakukan debottlenecking terhadap program prioritas dan memonitor kebencanaan, KSP tahu apa yang terjadi di lapangan dan langsung dilaporkan ke Presiden,” katanya menjelaskan.

Penurunan anggaran KSP terlihat sejak tahun 2018. Anggaran lembaga ini di tahun 2018 sebesar Rp 114 miliar. Kemudian di tahun 2019 turun menjadi Rp 83,7 miliar. Sementara dalam pagu indikatif tahun 2020, KSP mendapatkan alokasi sebesar Rp 76,5 miliar. Pagu indikatif tahun 2020 akan digunakan untuk pemberian dukungan kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam melaksanakan pengendalian program-program prioritas nasional, komunikasi politik, dan pengelolaan isu strategis.

“Tahun depan turun 8,57 persen dari alokasi anggaran tahun 2019. Ini belum dapat memenuhi kebutuhan belanja KSP dalam mendukung kegiatan pelaksanaan program-program prioritas nasional,” tambah mantan Panglima TNI ini.

whatsapp-image-2019-06-18-at-13-55-40-3

Oleh sebab itu, lanjut dia, setelah melakukan perhitungan kebutuhan ril dengan cermat dan teliti, KSP mengajukan usulan tambahan anggaran kepada Kementerian Sekretariat Negara sebesar Rp 30,8 miliar.

“Kami mohon dukungan dari Komisi II,” ujarnya.

Rapat kali ini dipimpin Ketua Komisi II Zainudin Amali dari Fraksi Partai Golkar, didampingi wakil ketua Herman Khaeron dari Fraksi Demokrat dan Nihayatul Wafiroh dari Fraksi PKB.

Ketua Komisi II Zainudin Amali menyampaikan akan membahas secara mendalam usulan ini pada rapat RAPBN 2020.

“Pada prinsipnya kami menyetujui usulan tambahan,” ujar politisi Golkar ini.

Hal yang sama disampaikan Wakil Ketua Komisi II Herman Khaeron. Ia mengapresiasi apa yang dilakukan Kantor Staf Presiden selama ini. Dalam 4 tahun ini, KSP berperan memberikan dukungan kepada pemerintah yang hasilnya banyak dirasakan masyarakat. Ia berharap Kementerian Sekretariat Negara memprioritaskan usulan yang diajukan KSP.

“Saya mengetahui kontribusi KSP terhadap penanganan konflik dan mengawal proyek strategis nasional. Penambahan ini penting untuk KSP,” katanya.

whatsapp-image-2019-06-18-at-13-55-40

]]>
http://ksp.go.id/rapat-dengan-komisi-ii-dpr-moeldoko-singgung-anggaran-ksp-yang-turun-terus/feed/ 0
KSP Sambut Proyek Langit Biru Cilacap, Produksi BBM Ramah Lingkungan Pertamina http://ksp.go.id/ksp-sambut-proyek-langit-biru-cilacap-produksi-bbm-ramah-lingkungan-pertamina/ http://ksp.go.id/ksp-sambut-proyek-langit-biru-cilacap-produksi-bbm-ramah-lingkungan-pertamina/#respond Tue, 18 Jun 2019 05:12:15 +0000 http://ksp.go.id/?p=31617 CILACAP - Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Darmawan Prasodjo menyambut baik Proyek Langit Biru Cilacap (PLBC) yang merupakan proyek strategis Pertamina dalam usaha mewujudkan kemandirian energi nasional.

Hal itu disampaikan Darmawan saat peresmian PLBC di Cilacap pada Senin, 17 Juni 2019 sekaligus peluncuran produk perdana dari unit Light Naphtha Hydrotreating (LNHT) dan Isomerization (LN-Isom) sebagai bahan untuk pembuatan BBM berkualitas dalam hal ini Pertamax RON 92.

Darmawan menegaskan bahwa proyek PLBC merupakan persembahan  terbaik dari Pertamina untuk Indonesia.dp6

“Ini menjadi sejarah baru bagi Indonesia, Pertamina melalui PLBC menunjukan komitmennya untuk menjaga kedaulatan energi nasional dan menurunkan impor yang pada akhirnya memberikan kontribusi yang besar bagi penerimaan negara,” ungkap Darmawan.

Selanjutnya Darmawan Prasojo menyampaikan bahwa upaya Pertamina tersebut patut diberikan apresiasi setinggi-tingginya.

“Pertamina dengan segala daya upayanya membangun PLBC patut mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya, karena merekalah yang menjadi pahlawan energi bagi Indonesia,” ujar Darmawan.dp7

BBM Berkualitas Ramah Lingkungan

Pada kesempatan sama, Direktur Mega Proyek dan Petrokimia Pertamina Ignatius Tallulembang mengatakan bahwa PLBC merupakan pencapaian yang luar biasa, pasalnya melalui produk-produk yang dihasilkan tersebut merupakan bahan pembuat BBM ramah lingkungan setara EURO 4.

“Produk yang dihasilkan PLBC telah menuju setara Euro 4, yang di mana produk tersebut merupakan BBM berkualitas yang ramah lingkungan. Hal ini menjadi sebuah kebanggaan bagi perusahaan dan Indonesia pada umumnya,” jelas Tallulembang.

PLBC merupakan proyek lanjutan dari pembangunan Residual Fluid Catalytic Cracker (RFCC) Cilacap yang diawali sejak akhir 2015

Produksi bahan bakar minyak jenis Pertamax di Refinery Unit (RU) IV Cilacap melonjak 66,8% dari semula satu juta barel per bulan menjadi 1,668 juta per bulan.

Dengan ketersediaan produk baru yanh dihasilkan dari PLBC, maka Pertamina dapat mengurangi impor High Octane Mogas Component (HOMC) sebagai komponen blending produk gasoline secara signifikan.dp1

]]>
http://ksp.go.id/ksp-sambut-proyek-langit-biru-cilacap-produksi-bbm-ramah-lingkungan-pertamina/feed/ 0
Ali Ngabalin dalam Layar Demokrasi CNN Indonesia TV: ‘Mencuri Kejernihan dari Kerancuan Proses Demokrasi’ http://ksp.go.id/ali-ngabalin-dalam-layar-demokrasi-cnn-indonesia-tv-mencuri-kejernihan-dari-kerancuan-proses-demokrasi/ http://ksp.go.id/ali-ngabalin-dalam-layar-demokrasi-cnn-indonesia-tv-mencuri-kejernihan-dari-kerancuan-proses-demokrasi/#respond Tue, 18 Jun 2019 04:50:38 +0000 http://ksp.go.id/?p=31609 JAKARTA - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin dalam Layar Demokrasi CNN Indonesia TV: ‘Mencuri Kejernihan dari Kerancuan Proses Demokrasi’, tayang live Senin, 17 Juni 2019 bersama host Budi Adiputro dan pengamat politik Rocky Gerung.

Videonya di sini

 

ngaba1
screen-shot-2019-06-18-at-11-39-28 screen-shot-2019-06-18-at-11-41-25

]]>
http://ksp.go.id/ali-ngabalin-dalam-layar-demokrasi-cnn-indonesia-tv-mencuri-kejernihan-dari-kerancuan-proses-demokrasi/feed/ 0
Presiden Jokowi Terima Sembilan Pansel Calon Pimpinan KPK di Istana http://ksp.go.id/presiden-jokowi-terima-sembilan-pansel-calon-pimpinan-kpk-di-istana/ http://ksp.go.id/presiden-jokowi-terima-sembilan-pansel-calon-pimpinan-kpk-di-istana/#respond Mon, 17 Jun 2019 13:10:54 +0000 http://ksp.go.id/?p=31604 JAKARTA- Presiden Joko Widodo menerima panitia seleksi (pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Pertemuan berlangsung pada Senin, 17 Juni 2019, di Ruang Jepara, Istana Merdeka, Jakarta.

Pansel yang beranggotakan sembilan orang tersebut sebelumnya telah dibentuk dan ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 54/P Tahun 2019 Tentang Pembentukan Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Masa Jabatan Tahun 2019-2023. Keppres tersebut ditandatangani pada 17 Mei 2019.

Yenti Garnasih yang ditetapkan sebagai ketua pansel selepas pertemuan mengatakan dalam pertemuan itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan komitmen atas pemberantasan sekaligus pencegahan upaya korupsi di Indonesia yang diharapkan akan semakin baik.

"Presiden menyampaikan komitmen atas pencegahan dan pemberantasan korupsi terutama mulai sekarang dan empat tahun ke depan setelah nanti komisioner terbentuk," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Presiden juga menyampaikan amanahnya bagi pansel calon pimpinan KPK agar melakukan tugasnya dengan baik dan memunculkan para pimpinan KPK yang berkualitas, berintegritas, dan mampu mengemban tugasnya dalam mengatasi permasalahan korupsi di Indonesia dengan lebih baik.

"Presiden meminta kepada kami mengemban amanah dengan baik untuk menghasilkan komisioner yang baik. Karena bagaimanapun juga peran dari pimpinan KPK itu sangat penting," ucapnya.

presiden-jokowi-terima-sembilan-pansel-calon-pimpinan-kpk-di-istana-3

Lebih jauh, Presiden dan pansel pimpinan KPK juga membicarakan soal dinamika dan permasalahan pemberantasan dan pencegahan korupsi di Indonesia.

"Kami membahas berbagai permasalahan-permasalahan yang ada di dalam dinamika pemberantasan dan pencegahan korupsi selama empat tahun ini. Itu juga presiden sangat mendalami, sangat memahami, sangat mengikuti dinamika yang ada," tuturnya.

Pansel Calon Pimpinan KPK Libatkan BNPT dan BNN

Dalam konferensi pers selepas pertemuan dengan Presiden Joko Widodo, pansel calon pimpinan KPK mengungkapkan bahwa dalam melakukan seleksi calon pimpinan KPK kali ini pihaknya turut melibatkan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Badan Narkotika Nasional (BNN). Keterlibatan dua badan tersebut melengkapi badan dan lembaga lainnya yang sebelumnya turut terlibat.

"Kali ini kami menambahkan tracking, yang standar adalah (dari) polisi, jaksa, KPK, BIN, dan PPATK, sekarang BNPT dan BNN," ungkap Yenti.

Penambahan pihak-pihak yang akan turut melacak rekam jejak calon pimpinan KPK tersebut merupakan upaya dari pansel untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan-kebutuhan yang mendesak sekaligus menyesuaikan dengan keadaan di Indonesia saat ini. Yenti mengatakan bahwa keterlibatan BNPT dimaksudkan untuk memeriksa rekam jejak para calon pimpinan KPK apakah yang bersangkutan memiliki keterlibatan dengan radikalisme maupun lainnya.

presiden-jokowi-terima-sembilan-pansel-calon-pimpinan-kpk-di-istana-7

"Kita lihat keadaan Indonesia, berbagai hal dinamika yang terjadi adalah kaitannya dengan radikalisme sehingga pansel tidak mau kecolongan ada yang kecenderungannya ke sana," ucapnya.

"Tapi tentu saja penilaiannya nanti menggunakan penilaian-penilaian yang bisa dilakukan secara psikologis, klinis, dan data-data dari BNPT itu sendiri," imbuhnya.

Sementara keterlibatan BNN dibutuhkan untuk melacak rekam jejak dan adanya kemungkinan seorang calon merupakan pengguna narkoba atau bahkan memiliki keterlibatan dengan sindikat-sindikat narkoba.

"Ini juga penting. Karena di beberapa negara itu hal yang sangat mungkin dalam pemilihan apapun orang yang terpilih itu ternyata yang membackingnya adalah kartel-kartel narkoba," ungkap Yenti.

Adapun pansel calon pimpinan KPK 2019-2023 yang hadir adalah ketua pansel Yenti Garnasih, wakil ketua pansel Indriyanto Senoadji, dan para anggotanya, yaitu Harkristuti Harkrisnowo, Hamdi Moeloek, Marcus Priyo, Hendardi, Al Araf, Diani Sadia, dan Mualimin Abdi.

]]>
http://ksp.go.id/presiden-jokowi-terima-sembilan-pansel-calon-pimpinan-kpk-di-istana/feed/ 0
Bertemu Aktivis 98, Presiden Jokowi: Membangun Negara Butuh Kebersamaan http://ksp.go.id/bertemu-aktivis-98-presiden-jokowi-membangun-negara-butuh-kebersamaan/ http://ksp.go.id/bertemu-aktivis-98-presiden-jokowi-membangun-negara-butuh-kebersamaan/#respond Mon, 17 Jun 2019 07:30:47 +0000 http://ksp.go.id/?p=31599 JAKARTA- Presiden Joko Widodo pada Minggu sore, 16 Juni 2019, menghadiri acara halalbihalal bersama dengan para aktivis 98. Acara tersebut berlangsung di Puri Agung Ballroom, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Di hadapan para aktivis tersebut, Kepala Negara kembali mengingatkan bahwa negara Indonesia yang majemuk ini merupakan sebuah negara besar dengan persoalan yang juga sedemikian besar. Maka, untuk membangun negara ini tentu diperlukan kerja sama yang kuat antara seluruh pihak dan elemen bangsa.

"Negara ini membutuhkan kebersamaan kita semua untuk bekerja sama membangun negara ini. Negara ini besar, persoalan juga besar-besar," kata Presiden.

Hal penting yang juga kembali disampaikan olehnya ialah pentingnya menjaga keutuhan bangsa di tengah keberagaman yang ada.

bertemu-aktivis-98-presiden-jokowi-membangun-negara-butuh-kebersamaan-2

"Negara ini negara besar yang sangat majemuk, sangat beragam. Jangan sampai kita lupa itu. Oleh sebab itu, persatuan, kerukunan, dan persaudaraan sebagai saudara sebangsa dan setanah air ini harus terus kita ingatkan kepada semua," ucapnya.

Selain itu, Kepala Negera juga mengajak para aktivis 98 yang utamanya hadir dalam acara tersebut untuk berani memberikan masukan-masukan bagi pemerintah. Masukan-masukan yang diberikan tersebut akan menjadi bahan koreksi bagi seluruh pihak.

"Kita harus berani mengoreksi apa yang masih harus dikerjakan, apa yang masih kurang, apa yang harus diselesaikan. Ini menjadi koreksi kita bersama," ujarnya.

Presiden menegaskan dalam lima tahun ke depan dirinya tidak lagi memiliki beban apapun, sehingga kebijakan yang diputuskan hanya untuk kepentingan negara.

bertemu-aktivis-98-presiden-jokowi-membangun-negara-butuh-kebersamaan-8

"Saya dalam lima tahun ke depan insyaallah sudah tidak memiliki beban apa-apa. Jadi, keputusan-keputusan yang dibuat, yang itu penting untuk negara ini akan kita kerjakan. Sekali lagi, karena saya sudah tidak memiliki beban apa-apa," tandasnya.

]]>
http://ksp.go.id/bertemu-aktivis-98-presiden-jokowi-membangun-negara-butuh-kebersamaan/feed/ 0
Tak Hanya Membuka Acara, Presiden Jokowi Ikut Menjadi Peserta Pawai Pesta Kesenian Bali 2019 http://ksp.go.id/tak-hanya-membuka-acara-presiden-jokowi-ikut-menjadi-peserta-pawai-pesta-kesenian-bali-2019/ http://ksp.go.id/tak-hanya-membuka-acara-presiden-jokowi-ikut-menjadi-peserta-pawai-pesta-kesenian-bali-2019/#respond Sat, 15 Jun 2019 17:20:42 +0000 http://ksp.go.id/?p=31590 DENPASAR- Mengakhiri kunjungan kerja di Bali, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 tahun 2019 yang dilaksanakan di depan Monumen Bajra Sandi, Lapangan Puputan Niti Mandala, Renon, Kota Denpasar, Sabtu sore, 15 Juni 2019.

Tiba pukul 14.30 WITA, Presiden Joko Widodo yang mengenakan baju adat Bali berwarna coklat yang dipadukan dengan udeng, saput dan kamen berwarna ungu serta Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang mengenakan kebaya khas Bali berwarna oranye, langsung menuju panggung utama.

Dalam acara tersebut, Presiden tidak hanya melepas peserta pawai, tapi juga turut serta menjadi peserta pawai. Sementara itu, tema dari PKB ke-41 adalah Bayu Pramana (Memuliakan Sumber Daya Angin).

tak-hanya-membuka-acara-presiden-jokowi-ikut-menjadi-peserta-pawai-pesta-kesenian-bali-2019-6

“Dengan memohon Waranugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa, siang ini saya membuka dan melepas Pawai Pesta Kesenian Bali ke 41 tahun 2019," ucap Presiden.

Setelah itu Presiden memukul kulkul tanda dimulainya PKB ke-41 dan menyaksikan Tari Siswa Nataraja diiringi Gamelan Ketug Bumi yang dipersembahkan oleh ISI Denpasar.

Kemudian berturut-turut, peserta pawai memulai rangkaiannya. Beragam kesenian dari daerah Bali ditampilkan, mulai dari Kabupaten Bangli, Kabupaten Badung, Kabupaten Karangasem, Kota Denpasar, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Klungkung, dan Kabupaten Gianyar.

tak-hanya-membuka-acara-presiden-jokowi-ikut-menjadi-peserta-pawai-pesta-kesenian-bali-2019-8

Selain peserta dari kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Bali, pawai juga diikuti oleh peserta dari luar daerah dan luar negeri. Tampak ikut berpawai penampilan kesenian tari Ga Guang dari Kota Kunming, Provinsi Yunnan, Republik Rakyat Tiongkok; Isosolo dari ISBI Tanah Papua; dan Musik Tong-Tong dari Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.

Setelah penampilan kesenian dari Kabupaten Gianyar, pada pukul 16.30 WITA, Presiden dan Ibu Iriana bersama Gubernur Bali I Wayan Koster dan Ibu Ni Putu Putri Suastini menaiki mobil hias untuk mengikuti pawai. Dari mobil hias tersebut, Presiden dan Ibu Iriana menyapa masyarakat yang memenuhi rute pawai.

Pukul 16.45 WITA, Presiden dan Ibu Iriana selesai mengikuti pawai dan melanjutkan perjalanan menuju Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali untuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

tak-hanya-membuka-acara-presiden-jokowi-ikut-menjadi-peserta-pawai-pesta-kesenian-bali-2019-39

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam acara pawai Pesta Kesenian Bali ini, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Ibu-ibu anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK), serta Gubernur Bali I Wayan Koster.

 

]]>
http://ksp.go.id/tak-hanya-membuka-acara-presiden-jokowi-ikut-menjadi-peserta-pawai-pesta-kesenian-bali-2019/feed/ 0
Presiden Jokowi: Percayakan Pengungkapan Kasus 21-22 Mei kepada Polri http://ksp.go.id/presiden-jokowi-percayakan-pengungkapan-kasus-21-22-mei-kepada-polri/ http://ksp.go.id/presiden-jokowi-percayakan-pengungkapan-kasus-21-22-mei-kepada-polri/#respond Sat, 15 Jun 2019 17:11:46 +0000 http://ksp.go.id/?p=31587 DENPASAR- Presiden Joko Widodo meminta masyarakat untuk memercayakan penyelesaian kasus kerusuhan yang terjadi saat aksi massa 21-22 Mei 2019 lalu kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Saat ini kepolisian berupaya keras untuk secara bersamaan mengungkap dua fokus utama dalam kasus itu.

Hal itu disampaikan Presiden di Kota Denpasar, Bali, pada Jumat, 14 Juni 2019, menanggapi perkembangan terkini mengenai pengungkapan kasus tersebut.

"Berikan waktu terlebih dahulu kepada polisi untuk menyelesaikan yang kasus (rencana) pembunuhannya," ujarnya.

Pernyataan Presiden tersebut merujuk pada pengungkapan rencana pembunuhan sejumlah tokoh nasional dan seorang direktur eksekutif lembaga survei. Hingga saat ini, kepolisian masih melakukan penyelidikan mendalam untuk mengembangkan kasus tersebut.

Tak hanya itu, menurutnya, kepolisian saat ini juga berupaya melakukan pengungkapan terkait dengan jatuhnya korban jiwa dalam aksi massa tersebut. Upaya pengungkapan kedua kasus tersebut menurut Presiden dijalankan kepolisian secara bersamaan.

"Kemudian ini juga berjalan paralel nanti kasus yang berkaitan dengan (korban) meninggal yang ada di lokasi-lokasi kerusuhan. Saya kira dua-duanya berjalan paralel," ucapnya.

Kepala Negara berpandangan bahwa apabila dibutuhkan, nantinya, kepolisian juga dapat bekerja sama dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia dalam pengungkapan kasus-kasus tersebut.

"Tidak hanya kepolisian, nanti bisa mengajak Komnas HAM dan lainnya," tandasnya.

]]>
http://ksp.go.id/presiden-jokowi-percayakan-pengungkapan-kasus-21-22-mei-kepada-polri/feed/ 0
Presiden Jokowi Tinjau Waduk Muara Nusa Dua di Bali http://ksp.go.id/presiden-jokowi-tinjau-waduk-muara-nusa-dua-di-bali/ http://ksp.go.id/presiden-jokowi-tinjau-waduk-muara-nusa-dua-di-bali/#respond Sat, 15 Jun 2019 17:05:50 +0000 http://ksp.go.id/?p=31582 DENPASAR- Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melanjutkan kegiatan kunjungan kerjanya di Provinsi Bali pada hari ini, Jumat, 14 Juni 2019 dengan meninjau Waduk Muara Nusa Dua, Kota Denpasar. Penataan dan rehabilitasi waduk tersebut kini sudah mencapai 80 persen dan ditargetkan selesai akhir tahun ini.

"Waduk Muara ini luasnya 35 hektare, ini menjadi sumber air baku untuk kawasan Kuta, Benoa, Nusa Dua, sama sekitar airport. Jadi ini sangat penting sekali, tapi ini belum selesai, baru 80 persen, akan diselesaikan nanti akhir tahun ini Desember. Saya melihat dari sisi pengerjaan kelihatan rapi," ujar Presiden kepada awak media seusai peninjauan.

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Waduk Muara Nusa Dua selesai dibangun pada tahun 1996 dan merupakan muara dari Tukad Badung dengan panjang alur sungai mencapai 19,6 kilometer dengan luas Daerah Aliran Sungai (DAS) 40,95 kilometer persegi. Dengan luas genangan 35 hektare, waduk ini memiliki volume tampungan total sebesar 770.000 meter kubik dan tampungan efektif 595.000 meter kubik.

presiden-jokowi-tinjau-waduk-muara-nusa-dua-di-bali-8

Pemanfaatan Waduk Muara Nusa Dua ini utamanya adalah sebagai sumber air baku kawasan Bali Selatan dengan volume air mencapai 500 liter per detik. Untuk ke depannya, Presiden berharap Waduk Muara Nusa Dua ini juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi kawasan wisata.

"Saya kira penataan kanan kirinya bagus. Jadi tidak hanya fungsi air baku, tapi juga untuk resto dan tempat wisata. Akhir tahun lah kita lihat ke sini lagi," ungkapnya.

Penataan dan rehabilitasi Waduk Muara Nusa Dua sendiri dimulai pada tahun 2017 lalu seiring dengan peningkatan kegiatan pariwisata di Kuta, Tanjung Benoa, dan Nusa Dua. Waduk Muara Nusa Dua merupakan waduk muara pertama di Indonesia. Setelahnya, dibangun beberapa waduk muara lainnya, seperti Waduk Duriangkang, Waduk Muka Kuning, Waduk Sei Ladi, dan Waduk Sei Gong, yang semuanya berada di Batam.

presiden-jokowi-tinjau-waduk-muara-nusa-dua-di-bali-28

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam peninjauan Waduk Muara Nusa Dua yaitu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dan Johan Budi, serta Gubernur Bali I Wayan Koster.

]]>
http://ksp.go.id/presiden-jokowi-tinjau-waduk-muara-nusa-dua-di-bali/feed/ 0
Persiapkan Periode Pemerintahan Baru, Presiden Jokowi Benahi Data Pemerintah http://ksp.go.id/persiapkan-periode-pemerintahan-baru-presiden-jokowi-benahi-data-pemerintah/ http://ksp.go.id/persiapkan-periode-pemerintahan-baru-presiden-jokowi-benahi-data-pemerintah/#respond Fri, 14 Jun 2019 15:33:58 +0000 http://ksp.go.id/?p=31579 JAKARTA - Presiden Jokowi baru-bari ini menandatangani Peraturan Presiden no. 39 tahun 2019 terkait dengan Satu Data Indonesia. Kebijakan tersebut telah lama ditunggu oleh publik mengingat perbaikan tata kelola data penting untuk perbaikan kinerja pemerintah.

“Seringkali publik melihat perdebatan penyusunan kebijakan yang berpangkal pada inkonsistensi data, kebijakan terkait impor beras misalnya,” kata Deputi II Kepala Staf Kepresidenan, Yanuar Nugroho.

“Melalui Satu Data, diharapkan Pemerintah dapat menjaga konsistensi dan meningkatkan kualitas pengambilan keputusan,” tegas Yanuar.

Kebijakan Satu Data sendiri menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari peraturan terkait infrastruktur kebijakan lain, seperti Satu Peta. Kebijakan Satu Peta berupaya memastikan konsistensi informasi geospasial (peta) yang diproduksi pemerintah.

Kebijakan tersebut akan memungkinkan berkurangnya konflik yang diakibatkan oleh inakurasi penataan ruang dan wilayah atau mempercepat perizinan berbasis wilayah, seperti yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Desember 2019 lalu pada acara peluncuran Portal Kebijakan Satu Peta.

Pentingnya konsistensi data

Yanuar Nugroho menekankan, Kebijakan Satu Data bahkan akan membuka peluang perbaikan yang jauh lebih luas dari Satu Peta.

“Kebijakan ini dapat berpengaruh pada perbaikan program prioritas, seperti meningkatkan akurasi target penerima bantuan sosial,” sambung Yanuar.

Konsistensi data pemerintah juga penting bagi publik dalam mengakses informasi.

“Konsistensi data dan informasi yang dihasilkan pemerintah, sangat dibutuhkan di era keterbukaan informasi yang rawan pembelokan fakta,” pungkas Yanuar ketika ditemui di lingkungan Istana Negara.

Kebijakan Satu Data diprakarsai oleh Kantor Staf Presiden, Kemeterian PPN/ Bappenas, BPS dan BIG. Kebijakan ini memperbaiki kualitas produksi dan distribusi data oleh pemerintah, dengan cara mengatur tata kelola data mulai dari produksi, pembinaan sampai dengan tata kelola diseminasi dengan format elektronik.

]]>
http://ksp.go.id/persiapkan-periode-pemerintahan-baru-presiden-jokowi-benahi-data-pemerintah/feed/ 0