Kantor Staf Presiden http://ksp.go.id Mon, 19 Nov 2018 06:19:51 +0000 en-US hourly 1 Di Wisuda Pelita Bangsa, Moeldoko Tekankan Semangat Inovasi http://ksp.go.id/di-wisuda-pelita-bangsa-moeldoko-tekankan-semangat-inovasi/ http://ksp.go.id/di-wisuda-pelita-bangsa-moeldoko-tekankan-semangat-inovasi/#respond Mon, 19 Nov 2018 06:18:00 +0000 http://ksp.go.id/?p=27220 BEKASI- Lulusan perguruan tinggi harus siap menghadapi perubahan. Hal itu di antaranya dilakukan dengan terus mengembangkan semangat berinovasi. Penegasan itu disampaikan Kepala Staf Presiden Moeldoko saat menghadiri dan memberikan sambutan dalam Sidang Terbuka Senat XXVI Universitas Pelita Bangsa, Cikarang, Senin, 19 November 2018.

Pembukaan acara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan dan Mars Pelita Bangsa. Dilanjut sambutan pembuka oleh Ketua STT Pelita Bangsa Supriyanto.

Dalam kesempatan ini, Moeldoko tidak hanya memberikan selamat kepada para wisudawan, tetapi juga memberikan orasi ilmiah dan motivasi untuk menghadapi berbagai kesulitan yang akan datang.ci2

“Saya masih mengingat perasaan yang begitu sangat senang ketika diwisuda” kata Moeldoko membuka orasi.

Di depan para wisudawan, Moeldoko memaparkan berbagai kesulitan dan tantangan yang akan dihadapi generasi muda nanti. Stabilitas dan konstitusi harus berjalan seimbang. “Stabilitas bukan hanya peran pemerintah tetapi peran bersama” tegas Moeldoko.

Maka, dipaparkan strategi yang sudah dijalankan oleh pemerintah dalam menghadapi kesulitan dan tantangan agar memudahkan generasi muda. Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur. Pemerintah tengah fokus membangun infrastruktur. “Dari segi ekonomi akan membawa pertumbuhan kawasan dan daerah baru sehingga pertumbuhan akan merata” ulas Moeldoko.
ci4
Moeldoko mengakhiri ceramahnya dengan mengingatkan kepada para wisudawan untuk senantiasa berinovasi. “Inovate or Die!” ucap Moeldoko secara lantang disusul tepuk tangan yang meriah dari para wisudawan dan para tamu undangan yang lain. Moeldoko menambahkan 3 strategi dalam menghadapi tantangan global, pemikiran kritis, kreativ dan kemampuan menyelesaikan permasalahan kompleks.

]]>
http://ksp.go.id/di-wisuda-pelita-bangsa-moeldoko-tekankan-semangat-inovasi/feed/ 0
Gerakan Cegah Stunting Bergulir di Bandung http://ksp.go.id/gerakan-cegah-stunting-bergulir-di-bandung/ http://ksp.go.id/gerakan-cegah-stunting-bergulir-di-bandung/#respond Mon, 19 Nov 2018 05:39:23 +0000 http://ksp.go.id/?p=27211 BANDUNG – Gerakan pencegahan stunting semakin meluas. Setelah DKI Jakarta dan Kalimantan Selatan, Minggu, 18 November 2018, Jawa Barat mendeklarasikan Gerakan Cegah Stunting.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak di bawah dua tahun yang disebabkan kurang gizi kronis. Akibat stunting, perkembangan otak dan tubuh anak terhambat, sehingga membuat kecerdasan anak tidak optimal. Jika tidak ditanggulangi dengan baik, mereka kelak menjadi generasi yang kurang produktif sehingga mempengaruhi ekonomi secara keseluruhan.

Acara bertajuk Gebyar Cegah Stunting tersebut diselenggarakan oleh Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kantor Staf Presiden (KSP).

“Dengan ini, saya deklarasikan Gerakan Pencegahan Stunting di Provinsi Jawa Barat. Kita canangkan Jawa Barat menuju zero stunting melalui kerja bersama Pemerintah Daerah, dunia usaha dan masyarakat sipil,” seru Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendeklarasikan Gerakan Pencegahan Stunting bersama dengan 27 walikota dan bupati se-Jawa Barat di Lapangan Gasibu, Bandung.st12

Turut menjadi saksi deklarasi tersebut, Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya, jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Deputi III KSP Denni Puspa Purbasari, perwakilan dari Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negari, serta 10.000 peserta dari berbagai kalangan masyarakat dari 27 kota dan kabupaten se-Jawa Barat.

Kawal tumbuh kembang anak, KSP serahkan timbangan

Sebelum deklarasi tersebut, Atalia Praratya mengajak para peserta yang sudah berkumpul sejak pukul 6.00 pagi untuk jalan sehat dari Gedung PUSDAI ke Lapangan Gasibu. Kompak mengenakan kaos Cegah Stunting, aksi ini bergerak mengikuti marching band dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Pada saat bersamaan, di luar Gasibu, komunitas Bike to Work menambah semangat dengan sepeda keliling kota.

Sesampai di Gasibu, peserta Gebyar Cegah Stunting melakukan senam bersama, mengikuti koreagrafi dari mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjajaran. Lagu “Cegah Stunting”, yang liriknya ditulis oleh Rodman Tarigan dan Nur Melani Sari dari Fakultas Kedokteran, Unpad, mengiringi senam nan rancak ini.

Atalia selanjutnya menyampaikan laporannya seputar kegiatan gerakan cegah stunting di Jawa Barat. Selain acara Gebyar Stunting, sebelumnya juga telah berlangsung Pameran Gemar Ikan pada 16-17 November di Lapangan Gedung Sate dan pelatihan Advokasi Pencegahan Stunting bagi PKK, Bappeda, dan Dinas Kesehatan dari 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat pada 17 November di Hotel Novotel Bandung.st2

“Kegiatan ini merupakan bukti keseriusan Pemprov Jawa Barat mencegah stunting bekerja sama dengan TP PKK dan Kantor Staf Presiden untuk menuju zero stunting,” ujar Atalia dari atas panggung utama.

Selepas deklarasi, para peserta bisa menambah wawasannya dengan mengikuti talkshow “Mencegah Stunting untuk Menumbuhkan Anak”. Acara yang dipandu oleh M. Farhan dan Vivie Novidia ini menghadirkan Atalia Praratya, Putri Indonesia, dan Dr. Oz sebagai narasumber.

Peserta dan masyarakat umum juga dapat berkonsultasi tentang nutrisi di tenda Nutrition Center dan memperoleh pengetahuan lain seputar cegah stunting di tenda-tenda para mitra strategis pendukung acara ini. Mereka adalah perusahaan-perusahaan yang peduli dengan gerakan cegah stunting, antara lain PT Mayora, PT Tirta Investama/Danone Indonesia, PT Indofood Sukses Makmur, Bank BJB, ROTEM, PDAM Tirta Wening, dan beberapa rumahsakit.st5

Masyarakat juga bisa menikmati diskon belanja produk penting cegah stunting di Tokopedia dan ongkos kirim gratis hingga Rp 30.000. Program ini berlangsung sejak 17 November hingga 25 November 2018.

Dalam acara ini, Deputi III KSP Denni P. Purbasari juga menyerahkan timbangan anak kepada Gubernur Ridwan Kamil. Penyerahan ini merupakan simbolis dari KSP menitipkan anak-anak di Jawa Barat kepada Gubernur dan Ketua TP PKK.

“Kami menitipkan anak-anak di Jawa Barat agar tumbuh kembangnya dipantau secara teratur, karena masa depan bangsa, ada pada anak-anak ini,” kata Denni.

Kerja keras demi zero stunting

Deklarasi Cegah Stunting menjadi tonggak penting dalam gerakan pencegahan stunting di Jawa Barat. Langkah ini menunjukkan kuatnya komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat beserta seluruh komponen masyarakat untuk menekan tingkat stunting di provinsi ini yang terbilang cukup tinggi.

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, prevalensi stunting di Jawa Barat sebesar 35,33% dari total bayi di bawah lima tahun (balita). Angka ini hanya sedikit lebih baik ketimbang prevalensi stunting nasional yang sebesar 37,2%. Untuk mempercepat penanggulan stunting, Pemprov Jawa Barat memprioritaskan program di 13 kabupaten dengan tingkat stunting tinggi.

Tentu, perlu kerja keras dari semua pihak untuk mewujudkan cita-cita zero stunting. TP PKK, Dinas Kesehatan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jawa Barat bahu-membahu mengikis stunting dengan program mereka masing-masing.

st10Salah satu program unik andalan Pemprov Jawa Barat adalah ojek makanan balita (Omaba). Omaba merupakan pengantaran bantuan makanan bergizi langsung ke rumah balita yang menderita kekurangan gizi. Adapun, program lain berupa advokasi peningkatan gizi masyarakat, orientasi asupan gizi di Puskesmas, pemberian tablet tambah darah untuk ibu hamil dan remaja, kesehatan maternal neonatal, Bina Keluarga Balita, Program 1.000 Hari Kehidupan, kegiatan Posyandu, dan sarjana pendamping desa.

Tak lupa, para pesohor dan tokoh masyarakat pun dilibatkan untuk menyebarluaskan gerakan pencegahan stunting ini lewat media sosial.

Akhirnya, diharapkan lewat deklarasi dan berbagai program pencegahan stunting, tumbuh kesadaran masyarakat tentang pentingnya mencegah stunting.

“Cegah Stunting itu Penting!”st7

]]>
http://ksp.go.id/gerakan-cegah-stunting-bergulir-di-bandung/feed/ 0
Presiden Tiba di Surabaya Usai Hadiri KTT APEC di Papua Nugini http://ksp.go.id/presiden-tiba-di-surabaya-usai-hadiri-ktt-apec-di-papua-nugini/ http://ksp.go.id/presiden-tiba-di-surabaya-usai-hadiri-ktt-apec-di-papua-nugini/#respond Mon, 19 Nov 2018 04:21:30 +0000 http://ksp.go.id/?p=27206 SURABAYA- Usai kunjungan kerja di Papua Nugini guna menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo melanjutkan perjalanan menuju Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan lepas landas dari Bandar Udara Internasional Jackson, Port Moresby pada Minggu, 18 November 2018 pukul 17.03 waktu setempat (WS).

Tiba di Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, Provinsi Jawa Timur pukul 18.55 WIB, Presiden dan Ibu Iriana disambut oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan, dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman.

presiden-tiba-di-surabaya-usai-hadiri-ktt-apec-di-papua-nugini-4

Dari bandara, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan langsung menuju hotel tempat menginap selama berada di Surabaya untuk melanjutkan kunjungan kerja pada esok harinya.

Turut serta mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur antara lain, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Kepala Protokol Negara Andri Hadi, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, dan Staf Khusus Presiden Adita Irawati.

]]>
http://ksp.go.id/presiden-tiba-di-surabaya-usai-hadiri-ktt-apec-di-papua-nugini/feed/ 0
Presiden di KTT APEC: Pengurangan Ketimpangan Adalah Prioritas http://ksp.go.id/presiden-di-ktt-apec-pengurangan-ketimpangan-adalah-prioritas/ http://ksp.go.id/presiden-di-ktt-apec-pengurangan-ketimpangan-adalah-prioritas/#respond Mon, 19 Nov 2018 04:12:26 +0000 http://ksp.go.id/?p=27202 PORT MORESBY- Di era globalisasi ini sangatlah penting menekan ketimpangan. Jika ketimpangan ini tidak diatasi dengan baik, maka dikhawatirkan dapat memicu reaksi negatif terhadap globalisasi.

Hal tersebut menjadi salah satu poin utama yang disampaikan Presiden Joko Widodo saat menghadiri Working Lunch: Promoting Inclusive Growth in The Digital Age dalam rangkaian KTT APEC 2018 Papua Nugini.

"Kalau kita mau bicara pembangunan yang inklusif jelas kita harus bicara mengenai Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM). UMKM merupakan tulang punggung perekonomian," kata Presiden di APEC Haus, Minggu 18 November 2018.

Total UMKM Indonesia saat ini tercatat sebanyak 62,9 juta unit usaha (berdasarkan data 2017). Sebanyak 6 juta UMKM sudah melakukan kegiatannya secara online.

hari-kedua-ktt-apec-14

Presiden menuturkan, saat ini dunia sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Siklus baru ini, menurut Presiden membuka peluang untuk menyesuaikan orientasi pembangunan. “Dalam 30 tahun mendatang, dalam visi APEC Post Bogor, pengurangan ketimpangan harus mendapat prioritas,” tuturnya.

Terkait pembangunan manusia, Kepala Negara memandang, setiap manusia harus diberdayakan, sehingga dapat ikut berkontribusi dan merasa menjadi bagian dari pembangunan. Untuk itu, Indonesia telah menyusun peta jalan Kebijakan Ekonomi dan Pelatihan Vokasi di Indonesia tahun 2017-2025.

“Untuk memaksimalkan manfaat ekonomi digital, reformasi struktural harus dilakukan. Reformasi ini diperlukan untuk meningkatkan investasi di bidang ekonomi digital, pemberdayaan UMKM, dan mempersiapkan sumber daya manusia yang digital ready,” kata Presiden Jokowi.

Di penghujung pernyataannya, Presiden menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia akan melanjutkan investasi untuk sumber daya manusia.

]]>
http://ksp.go.id/presiden-di-ktt-apec-pengurangan-ketimpangan-adalah-prioritas/feed/ 0
Hari Kedua KTT, Presiden Sampaikan Pandangan pada Leaders Retreat dan Working Lunch http://ksp.go.id/hari-kedua-ktt-presiden-sampaikan-pandangan-pada-leaders-retreat-dan-working-lunch/ http://ksp.go.id/hari-kedua-ktt-presiden-sampaikan-pandangan-pada-leaders-retreat-dan-working-lunch/#respond Mon, 19 Nov 2018 03:57:22 +0000 http://ksp.go.id/?p=27197 PORT MORESBY- Hari terakhir Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018, Presiden menghadiri Leaders Retreat dan Working Lunch dalam rangkaian KTT APEC 2018 di Papua Nugini. Acara tersebut dihelat di APEC Haus, Port Moresby, Minggu, 18 November 2018.

Pada saat retreat, Presiden menyampaikan beberapa isu, antara lain mengenai infrastruktur di kawasan. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut menyaksikan pertemuan mengatakan, Presiden menyampaikan bahwa ketika berbicara masalah pembangunan, maka infrastruktur menjadi salah satu kunci utama.

"Kita tahu, pada saat kita bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin kita menutupnya dari anggaran pemerintah saja. Oleh karena itu perlu inovasi," ujar Retno.

Hal tersebut juga disampaikan Presiden dan mulai dibahas pada saat Pertemuan Tahunan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank di Bali, 5 minggu lalu. Blended finance merupakan salah satu Inovasi yang perlu mendapat dukungan.

Dalam forum tersebut, Presiden menuturkan bahwa saat ini dunia sudah masuk pada era digital di mana e-commerce dan sosial media itu sudah ada di mana-mana.

"Oleh karena itu, Presiden mengatakan terjadi pergeseran besar dari konsumsi barang menjadi konsumsi pengalaman. Konsumen di seluruh dunia jadi mengincar pengalaman petualangan dan hiburan" tutur Retno.

hari-kedua-ktt-apec-8-2

Saat ini, pertumbuhan parawisata dunia, sekitar 7 persen atau dua kali lipat dari laju ekonomi dunia yang hanya sekitar 3,5 persen. Bloomberg menghitung bahwa dalam 15 sampai 25 tahun ke depan, 1 dari 4 lapangan kerja baru datangnya dari sektor pariwisata.

"Dengan data-data tersebut menunjukkan pentingnya pariwisata dikedepankan," sambungnya.

Selain ekonomi digital dan ekonomi maritim, Presiden mengusulkan isu pariwisata dan _lifestyle dapat masuk agenda APEC pasca-Bogor," ungkap Menlu.

Selanjutnya, Presiden juga menyampaikan dukungan Indonesia terhadap integrasi ekonomi regional melalui fokus pada perdagangan multilateral dan proses menuju Free Trade Area of the Asia Pacific (FTAAP) yang inklusif dan berkeadilan.

APEC memainkan peran penting sebagai inkubator gagasan baru dan sebagai pemandu jalan.

"Oleh karena itu, Presiden mengatakan Indonesia berkomitmen untuk mencapai Bogor Goals 2020 dan mendukung penyusunan visi APEC pasca-2020," imbuhnya.

Terakhir, Retno menuturkan perbedaan posisi antara AS dan Tiongkok mengenai multilateral trading system (MTS) sangatlah besar. Beberapa negara, termasuk Indonesia, mencoba untuk menjembatani perbedaan tersebut. Namun sayang sekali, perbedaan posisi kedua negara terlalu besar dan sulit untuk dijembatani sampai akhir pertemuan.

"Jadi dari tadi pagi kita berusaha untuk menjembatani berbagai macam pembicaraan, tetapi tampaknya perbedaan itu belum dapat dijembatani sampai saat menjelang penutupan Pertemuan. Oleh karena itu, Ketua APEC (PNG) yang akan merefleksikan situasi pertemuan tersebut," tandasnya.

]]>
http://ksp.go.id/hari-kedua-ktt-presiden-sampaikan-pandangan-pada-leaders-retreat-dan-working-lunch/feed/ 0
Agenda Presiden Hari Kedua di KTT APEC 2018 http://ksp.go.id/agenda-presiden-hari-kedua-di-ktt-apec-2018/ http://ksp.go.id/agenda-presiden-hari-kedua-di-ktt-apec-2018/#respond Sun, 18 Nov 2018 13:15:18 +0000 http://ksp.go.id/?p=27192 PORT MORESBY- Tiga agenda telah menanti pada hari kedua kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Papua Nugini, Minggu, 18 November 2018. Ketiga agenda tersebut masih dalam rangkaian KTT APEC 2018.

Pada pagi hari, Presiden akan menuju APEC Haus untuk melakukan foto bersama dengan para kepala negara/kepala pemerintahan anggota APEC.

Setelah coffe break, acara kemudian akan dilanjutkan dengan Leaders Retreat I yang mengambil tema "Connecting for Inclusive Growth Through Digital Future".

agenda-presiden-hari-kedua-di-ktt-apec-2018-14

Pada siang harinya, Presiden diagendakan menghadiri acara santap siang bersama para kepala negara/kepala pemerintahan. Santap siang akan dilaksanakan dalam bentuk diskusi dan adopsi ''The 26th APEC 2018 Leader's Declaration - Era Kone Declaration".

Sementara itu, selama kegiatan Presiden di APEC Haus berlangsung, Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan mengikuti spouse program. Bersama para istri kepala negara/kepala pemerintahan lain, Ibu Iriana akan mengunjungi beberapa tempat, antara lain ke National Museum & Art Gallery dan ke sebuah taman hiburan di mana APEC Garden berada.

agenda-presiden-hari-kedua-di-ktt-apec-2018-6

Selesai acara, Presiden akan kembali ke hotel tempatnya bermalam untuk persiapan kepulangan ke Tanah Air. Dari hotel, Presiden dan rombongan akan menuju Bandar Udara Internasional Jackson untuk kemudian lepas landas menuju Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya.

]]>
http://ksp.go.id/agenda-presiden-hari-kedua-di-ktt-apec-2018/feed/ 0
Presiden dan Ibu Iriana Hadiri Gala Dinner APEC 2018 http://ksp.go.id/presiden-dan-ibu-iriana-hadiri-gala-dinner-apec-2018/ http://ksp.go.id/presiden-dan-ibu-iriana-hadiri-gala-dinner-apec-2018/#respond Sun, 18 Nov 2018 13:07:57 +0000 http://ksp.go.id/?p=27188 PORT MORESBY- Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo santap malam bersama para pemimpin negara-negara anggota Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC). Acara bertajuk APEC Economic Leader's Meeting (AELM) ini digelar di Kutubu Convention Center, Port Moresby, Sabtu, 17 November 2018.

Seluruh kepala negara/kepala pemerintahan yang hadir tampak kompak mengenakan pakaian senada, yaitu kemeja berwarna merah atau kuning.

Dari depan Hotel Hilton, para kepala negara/kepala pemerintahan disambut oleh Perdana Menteri Papua Nugini Peter O'Neill. Mereka kemudian berjalan menuju tempat sesi foto bersama di pelataran belakang Kutubu Convention Center. Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana tampak berada di baris kedua, tepat di tengah-tengah.

PM Peter O'Neill kemudian memandu semua kepala negara/kepala pemerintahan untuk bersama-sama menuju ruang makan yang berada di lantai bawah.

presiden-dan-ibu-iriana-hadiri-gala-dinner-apec-2018-2-2

Di ruang makan, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tampak berada di sebelah kiri panggung, di antara meja Presiden Korea Selatan Moon Jae-In dan Kim Jung-Sook dan meja PM Malaysia Mahathir Mohamad bersama istrinya, Siti Hasmah.

Selama acara berlangsung, Ibu Iriana tampak akrab berbincang dengan Kim Jung Sook. Tawa hangat tampak menyelingi perbincangan keduanya.

Dalam sambutannya, PM Peter O'Neill mengatakan bahwa ia menyambut hangat semua delegasi, terutama mereka yang baru pertama kali berkunjung ke Papua Nugini. Ia juga mengatakan bahwa APEC adalah forum paling penting dan dinamis.

"APEC bukan hanya tentang besarnya sebuah ekonomi, atau tentang tujuan sebuah ekonomi, atau tentang dagang dan investasi. Tetapi ini lebih tentang standar hidup rakyat kita," kata PM O'Neill.

Setelah santap malam, para hadirin kemudian disuguhi pertunjukan seni dan budaya lokal Papua Nugini. Tarian dan nyanyian diperankan oleh beberapa kelompok secara berurutan.

]]>
http://ksp.go.id/presiden-dan-ibu-iriana-hadiri-gala-dinner-apec-2018/feed/ 0
Presiden Jokowi Bahas Perdagangan Hingga Ekonomi Digital dengan Presiden Xi Jinping http://ksp.go.id/presiden-jokowi-bahas-perdagangan-hingga-ekonomi-digital-dengan-presiden-xi-jinping/ http://ksp.go.id/presiden-jokowi-bahas-perdagangan-hingga-ekonomi-digital-dengan-presiden-xi-jinping/#respond Sun, 18 Nov 2018 12:58:40 +0000 http://ksp.go.id/?p=27183 PORT MORESBY- Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping dalam pertemuan bilateral yang digelar di sela KTT APEC. Pertemuan dihelat di Hotel Stanley, Port Moresby, Sabtu petang, 17 November 2018.

Mengawali pertemuan, Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Presiden Xi Jinping atas kesuksesan RRT menggelar pameran internasional ekspor di Shanghai yang berlangsung belum lama ini.

"Saya ingin menyampaikan selamat atas penyelenggaraan The 1st China International Import Export Expo di Shanghai baru-baru ini, di mana Indonesia menjadi 'Negara Kehormatan'," ujar Presiden.

presiden-jokowi-bahas-perdagangan-hingga-ekonomi-digital-dengan-presiden-xi-jinping-4

Selain itu, Presiden juga mengapresiasi RRT atas ucapan simpati dan kerja sama yang diberikan dalam penanganan bencana alam di Lombok dan Sulawesi Tengah.

Kedua kepala negara kemudian membahas beberapa hal terkait hubungan kedua negara. Dalam bidang perdagangan, Presiden berharap kedua negara dapat bekerja sama mengatasi defisit perdagangan Indonesia-RRT melalui berbagai cara, antara lain kemudahan bagi ekspor buah tropis dari Indonesia ke RRT, seperti nanas segar, buah naga, alpukat, rambutan, mangga, pisang, dan durian.

"Kemudahan bagi impor sarang burung walet asal Indonesia," lanjutnya.

Presiden juga berharap keberlanjutan ekspor kelapa sawit dan produk turunannya, termasuk kerja sama pengembangan biodiesel seperti biofuel B5, B20 dan replantasi kelapa sawit. Selain itu, Presiden ingin agar RRT tidak menerapkan kuota atau anti-dumping untuk produk manufaktur Indonesia seperti besi baja.

presiden-jokowi-bahas-perdagangan-hingga-ekonomi-digital-dengan-presiden-xi-jinping-12

"Saya juga harap Yang Mulia dapat mendorong wisatawan RRT untuk berkunjung ke Indonesia khususnya ke Bali dan 10 Bali baru," imbuhnya.

Kedua Kepala Negara juga membahas mengenai kerjasama di bidang investasi, termasuk untuk mengembangkan industri 4.0.

Dalam pertemuan bilateral ini, Presiden didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong, Duta Besar LBBP RI untuk Papua Nugini Ronald J.P. Manik, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Desra Percaya, dan Staf Khusus Presiden Adita Irawati.

]]>
http://ksp.go.id/presiden-jokowi-bahas-perdagangan-hingga-ekonomi-digital-dengan-presiden-xi-jinping/feed/ 0
Presiden Tegaskan Pentingnya Bersikap Inklusif pada Era Digital dalam Forum ABAC http://ksp.go.id/presiden-tegaskan-pentingnya-bersikap-inklusif-pada-era-digital-dalam-forum-abac/ http://ksp.go.id/presiden-tegaskan-pentingnya-bersikap-inklusif-pada-era-digital-dalam-forum-abac/#respond Sun, 18 Nov 2018 12:51:20 +0000 http://ksp.go.id/?p=27178 PORT MORESBY- Dalam pertemuan ABAC Dialog with Leaders dengan tema Inclusion in the Age of Disruption: Charting a Common Future, Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Vietnam Nguyễn Xuân Phúc, dan Utusan Khusus Cina Taipei Morris Chang membahas isu perdagangan, ekonomi global dan digital ekonomi.

Pertemuan yang dihelat di APEC Haus pada Sabtu, 17 November 2018 dihadiri pula oleh perwakilan ABAC dari keempat negara dan dimoderasi oleh Richard Cantor dari Amerika Serikat. Dari Indonesia hadir Ketua ABAC Indonesia Anindya Bakrie.

Dalam dialog tersebut, sebagaimana disampaikan Direktur Kerja Sama Intra Kawasan dan Antar Kawasan Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Andre Omer Siregar yang turut mendampingi Presiden Jokowi mengatakan bahwa Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa pembangunan ekonomi yang inklusif dengan menggunakan platform digital adalah prioritas Pemerintah Indonesia sejak tahun 2014 dan Indonesia diperkirakan menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara tahun 2020.

hari-pertama-ktt-apec-2018-presiden-hadiri-sejumlah-kegiatan-43

Sebagai gambaran, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa di Indonesia pada tahun 2017 tercatat 132,7 juta pengguna internet dan 92 juta pengguna smart phone, sehingga pemerintah harus terus menyelesaikan pembangunan infrastruktur digital dengan penambahan serat optik Palapa Ring dan penataan spektrum frekuensi untuk menyediakan akses digital yang terjangkau bagi masyarakat.

Selain itu, Indonesia akan terus mengimplementasikan Peta Jalan Kebijakan E-Commerce untuk mendukung pengembangan e-commerce sebanyak 17 persen dan mencetak 1000 technopreneurs pada tahun 2020.

Lebih lanjut Presiden Jokowi menjelaskan bahwa Indonesia memberikan perhatian besar terhadap generasi muda untuk Revolusi 4.0 melalui pendidikan vokasi, politeknik, dan balai latihan kerja. Oleh karena itu, pemerintah mendukung pemanfaatan teknologi di semua sektor misalnya Ruangguru di bidang pendidikan, atau GoJek di bidang transportasi. “Semua ini dilakukan untuk mendorong ekonomi yang inklusif,” kata Presiden Jokowi.

hari-pertama-ktt-apec-2018-presiden-hadiri-sejumlah-kegiatan-37-1

Untuk memastikan pembangunan yang inklusif di era digital, Presiden Jokowi mengingatkan agar ketimpangan digital harus diatasi melalui penyusunan peta jalan pengembangan internet of things, penyediaan platform pemasaran digital bagi UMKM misalnya Tokopedia, Qlapa, serta pemanfaatan digital bagi daerah tertinggal melalui kerjasama dengan marketplace dalam mengembangkan platform e-commerce berbasis potensi daerah seperti pertanian dan perikanan, dan perbaikan kurikulum sekolah agar lebih siap menyambut era digital atau digital-ready.

“Di era digital ini, jangan sampai dilupakan aspek inklusifitas dimana manfaat pembangunan melibatkan dan dapat dinikmati semua orang. Dikhawatirkan bahwa mengabaikan inklusifitas dapat memperburuk kesenjangan. Dan kesenjangan akan menciptakan masalah sosial dan bahkan konflik,” ucap Presiden Jokowi.

Di akhir dialog tersebut, Presiden Jokowi secara tegas mengingatkan bahwa ketegangan antar negara besar dalam perdagangan dunia hanya akan merugikan masyarakat. “Dan ini pula yang juga dapat mendorong konflik sosial,” ujar Presiden Jokowi.

]]>
http://ksp.go.id/presiden-tegaskan-pentingnya-bersikap-inklusif-pada-era-digital-dalam-forum-abac/feed/ 0
Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan ABAC Bahas Pembangunan di Era Digital http://ksp.go.id/presiden-jokowi-hadiri-pertemuan-abac-bahas-pembangunan-di-era-digital/ http://ksp.go.id/presiden-jokowi-hadiri-pertemuan-abac-bahas-pembangunan-di-era-digital/#respond Sun, 18 Nov 2018 12:37:54 +0000 http://ksp.go.id/?p=27173 PORT MORESBY- Setelah melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kepulauan Solomon Rick Nelson Houenipwela, Presiden Joko Widodo menuju APEC Haus untuk menghadiri pertemuan "ABAC Dialog with Leaders" dengan tema Inclusion in the Age of Disruption: Charting a Common Future dengan fokus pembahasan pada isu perdagangan, ekonomi global dan digital ekonomi pada Sabtu 17 November 2018.

Presiden Jokowi tergabung dalam break out grup terbatas bersama kepala negara atau kepala pemerintahan APEC yaitu Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Vietnam Nguyễn Xuân Phúc, dan Utusan Khusus Cina Taipei Morris Chang (Founder Taiwan Semiconductor Manufacturing). Mereka bertemu dengan perwakilan ABAC dari keempat negara dan dimoderasi oleh Richard Cantor dari Amerika Serikat. Dari Indonesia sendiri hadir Ketua ABAC Indonesia Anindya Bakrie.

"Berempat dengan Presiden Jokowi, berdialog dengan APEC dari keempat negara tersebut dan mereka biasanya di situ akan menanyakan bagaimana policy atau rencana policy pemimpin-pemimpin tersebut," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi tentang pertemuan tersebut, di Hotel Hilton, Sabtu, 17 November 2018.

Sementara itu, Direktur Kerja Sama Intra Kawasan dan Antar Kawasan Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Andre Omer Siregar yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan itu mengatakan bahwa dalam dialog tersebut Presiden Joko Widodo menanggapi moderator terkait upaya Indonesia memajukan ekonomi digital.

hari-pertama-ktt-apec-2018-presiden-hadiri-sejumlah-kegiatan-46

Selain itu Presiden juga menyampaikan tiga intervensi lainnya yaitu mengenai isu konflik perdagangan yang merugikan rakyat, perlunya motivasi untuk pengusaha digital, dan peranan penting anak muda dan perempuan dalam memajukan ekonomi digital di seluruh APEC.

“Peran dan pernyataan Presiden RI di sesi ABAC tersebut sangat diapresiasi peserta, bahkan tanpa terasa diskusi melampaui batas waktu dan memasuki sesi APEC Informal Dialogue with Pacific Islands Countries,” ucap Andre.

Dalam pertemuan itu, PM Vietnam menyampaikan pentingnya kerja sama perdagangan regional seperti pencapaian Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) di ASEAN dan menyampaikan peran penting Indonesia dalam perdagangan di ASEAN.

PM Australia mencatat peran penting perdagangan secara terbuka dan merangkul setiap pihak guna mendorong liberalisasi perdagangan serta menghargai peran Indonesia menyelenggarakan IMF World Bank. Namun ia juga mengingatkan bahwa digital ekonomi bukan wild west dan harus diatur untuk mencegah cybercrime.

Sedangkan Utusan Khusus Cina Taipei mengingatkan perlunya pemerintah memahami teknologi digital, artificial intelligence dan kebiasaan anak muda dalam membuat kebijakan ekonomi digital.

]]>
http://ksp.go.id/presiden-jokowi-hadiri-pertemuan-abac-bahas-pembangunan-di-era-digital/feed/ 0