Facebook Ikut dalam Pemberdayaan UMKM

Facebook Ikut dalam Pemberdayaan UMKM

Facebook Ikut dalam Pemberdayaan UMKM

JAKARTA– Facebook Indonesia meluncurkan program pemberdayaan komunitas yang menyasar pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan ini akan dimulai 14 Agustus 2018 di 10 kota dengan fokus terbesar di wilayah Indonesia Timur.

“Kegiatannya antara lain melatih teman-teman UMKM kurang lebih berjumlah 10 ribu UMKM, dan juga melatih Pemda dalam menggunakan media sosial,” kata Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Rubben Hattari saat bertemu Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn.) Dr Moeldoko di Kantor Staf Presiden, Selasa, 31 Juli 2018.

Selain meingkatkan kualitas SDM pelaku usaha, Ruben menjelaskan tujuan dari program ini agar UMKM dapat membesarkan bisnisnya melalui penggunaan media sosial dan mengangkat kapasitas dari UMKM tersebut.

“Kami mengajak mitra-mitra seperti NGO yang telah kami latih melalui proses training of trainers yang kemudian para NGO ini akan melakukan roadshow ke beberapa kota,” jelasnya.

“Dulu visi utama Facebook adalah menghubungkan orang-orang, mereka yang sudah terhubung membentuk komunitas yang diharapkan bisa membawa dampak positif,” tambahnya.

whatsapp-image-2018-07-31-at-10-28-52

Staf Khusus Kepala Staf Kepresidenan Eddy Soepadmo mengutarakan salah satu kendala yang dihadapi UMKM adalah sulit mencari jaringan sehingga membutuhkan konektivitas yang lebih kuat.

“Menurut saya koneksi antar komunitas itu penting. Teman-teman di sini kan rajanya media sosial sehingga dengan adanya program ini sangat membantu UMKM dan UMKM itu nadinya negara ke depannya,” kata Eddy.

Sementara, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berpesan agar Tim Kebijakan Publik Facebook selalu melakukan pemantauan dan evaluasi keberhasilan program.

Feedback itu penting, jangan hanya menjalankan program saja harus lihat hasil dan dampaknya,” pesan Moeldoko.

Moeldoko berharap ke depannya perlu ada diskusi lebih lanjut agar KSP dapat turut bekerjasama dan saling menigisi dalam program tersebut.

“Kami berterima kasih kepada KSP karena tahun lalu kami pernah bekerjasama melakukan pelatihan kepada instansi pemerintah khususnya di bagian humas terkait penggunaan sosial media,” tambah Donny Eryastha selaku Manager Kebijakan Publik Facebook Indonesia.

Turut hadir Dessy Sukendar selaku Program Manager dan Grace Citra Dewi Kedeputian III Kantor Staf Presiden.

Close