Di Sidang Umum PBB, Indonesia Pastikan Agenda SDGs Berjalan

Di Sidang Umum PBB, Indonesia Pastikan Agenda SDGs Berjalan

Di Sidang Umum PBB, Indonesia Pastikan Agenda SDGs Berjalan

NEW YORK- Dalam Sidang Umum PBB ke-70 dan Adopsi Agenda Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yang berlangsung 24-27 September 2015 di New York, Kantor Staf Presiden (KSP) bersama dengan Bappenas, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Luar Negeri, serta Koalisi Organisasi Masyarakat Sipil (INFID, Transparency International, Human-Right Watch, CISDI, dll.) menyelenggarakan sejumlah side-event yang menegaskan komitmen Indonesia dalam SDGs, 21-28 September 2015.

Deputi II KSP Dr Yanuar Nugroho yang hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan, misi KSP menyelenggarakan event ini untuk menjaga peran Indonesia berjalan baik. Bahwa setelah SDGs (disebut juga Agenda Pasca 2015 atau Agenda 2030) disahkan, maka implementasi nasional menjadi kunci keberhasilan.

“KSP bertugas memastikan regulasi disiapkan dan mengawal pelaksanaannya, khususnya sinkronisasi dengan program prioritas nasional Jokowi-JK di level RKP Kementerian,” tegasnya.

Kegiatan delegasi Indonesia dalam Sidang Umum PBB ini cukup padat. Sebelumnya Deputi II KSP Dr Yanuar Nugroho menjadi pembicara utama pada 24 September, dimana Koalisi masyarakat sipil menyelenggarakan event tentang Penanganan Kesenjangan dalam SDGs di Gedung Perwakilan Tetap RI untuk PBB.

Berikut rangkaian acara yang digelar:

20 September: Delegasi berangkat dari Jakarta dan tiba di New York pada tanggal yang sama (karena perbedaan waktu). Pertemuan persiapan di New York dilakukan: 21 September dengan dukungan Sekretariat PBB.

22 September: Menteri Kesehatan berbicara dalam peluncuran Laporan Nutrisi Global (Global Nutrition Report) - menjelaskan prioritas pembangunan kesehatan dan kaitannya dengan nutrisi sebagai bagian dari prioritas nasional

23 September: (a) Deputi II KSP dan Stafsus Menkes bertemu dengan Delegasi Peru membicarakan persiapan Konferensi Perubahan Iklim di Paris; (b) Masyarakat Sipil Indonesia (INFID, CISDI) bersama KSP, Kemenkes, Bappenas, Kemenlu menyelenggarakan event ttg Implementasi/Menterjemahkan SDGs dalam Pembangunan Nasional di Ford Foundation. Menkes menjadi pembicara utama.

24 September: (a) Kementerian Kesehatan menyelenggarakan event tentang Kesehatan, Nutrisi, dan Ketahanan Pangan di Markas Besar PBB. Menkes menjadi pembicara kunci; (b) Koalisi masyarakat sipil menyelenggarakan event tentang Penanganan Kesenjangan dalam SDGs di Gedung Perwakilan Tetap RI untuk PBB. Deputi II KSP menjadi pembicara utama.

25 September: (a) KSP, Bappenas, Kemenkes, Koalisi CSO mengadakan pertemuan terbatas strategis tentang jejaring kemitraan untuk SDGs di Indonesia di Kantor Open Society. Pertemuan dipimpin Deputi II KSP dan Stafsus Menkes; (b) Kementerian Kesehatan menjadi co-host event EATx - jejaring global ketahanan pangan dan nutrisi di Markas Besar PBB. Menkes menjadi panelis utama; (c) Koalisi masyarakat sipil Indonesia bertemu Wapres Jusuf Kalla di PTRI.

26 September: (a) Deputi II KSP dan Stafsus Menkes bertemu dengan Asisten Sekjen PBB/Kepala UNDP Asia Pasifik tentang implementasi SDGs di Indonesia; (b) Deputi II KSP dan Stafsus Menkes bertemu dengan EAT ttg strategi ketahanan pangan, nutrisi dan kesehatan utk mendukung Program Jokowi-JK; (c) Menkes berbicara dalam Global Strat.

Close