Slide background

Seperti tertera dalam Peraturan Kepala Staf Kepresidenan Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Staf Presiden. Deputi IV yang dijabat oleh Eko Sulistyo mempunyai tugas membantu Kepala Staf Kepresidenan dalam pengelolaan komunikasi dan desiminasi informasi dengan menyelenggarakan fungsi :

Slide6

Sesuai dengan fungsinya, Kedeputian IV mempunyai fungsi utama untuk memastikan terjalinnya komunikasi yang lancar dan berimbang di antara berbagai pemangku kepentingan – baik yang secara langsung maupun tidak langsung terkait dengan program-program prioritas Presiden. Tidak terbatas pada lembaga-lembaga negara, komunikasi dalam beragam bentuk pun harus dibangun dengan masyarakat sipil dan kelompok-kelompok strategis lainnya, termasuk kelompok masyarakat yang terpinggirkan atau kaum marjinal.

Terkait dengan program-program prioritas Presiden – yang meliputi antara lain infrastruktur, energi, pangan, maritim, pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan, reformasi birokrasi, industri dan pariwisata – tugas Kedeputian IV adalah pertama-tama mengidentifikasi segenap aspirasi para pemangku kepentingan. Bagian dari tugas ini adalah menyelenggarakan dialog agar terjadi saling pengertian dan sinergi di antara semua yang terlibat.

Di luar program-program prioritas, Kedeputian IV juga memiliki tugas lain untuk memantau berbagai perkembangan sosial-politik terkini yang terjadi dan, dengan pendekatan yang partisipatif, merumuskan berbagai masukan kepada Kepala Staf Kepresidenan untuk diputuskan oleh Presiden. Jika dianggap perlu, Kedeputian IV bersama kedeputian lainnya atas perintah Presiden melalui Kepala Staf Kepresidenan dapat menginisiasi pembentukan Satuan Tugas lintas pemangku kepentingan untuk menindaklanjuti isu tertentu yang sedang berkembang dan membutuhkan respon khusus dan cepat .

Dialog dan partisipasi merupakan dua kata kunci yang menjadi landasan kerja kedeputian IV. Oleh karena itu, dalam rangka membangun partisipasi publik yang lebih luas dan berkualitas terhadap program-program pembangunan pemerintah, Kedeputian IV juga mendorong terbentuknya berbagai kelompok kerja masyarakat untuk terlibat dalam perencanaan, implementasi dan pemantauan serta evaluasi secara independen terhadap program-program prioritas pemerintah sejalan dengan prinsip-prinsip participatory governance dan open government yang menempatkan warga masyarakat sebagai subyek pembangunan, yang menjadi ciri dari sistem pemerintahan demokrasi modern.

Berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi, dengan menggunakan perspektif program-program prioritas serta hasil analisis informasi terkini yang berkembang dalam masyarakat, Kedeputian IV merumuskan strategi komunikasi dan diseminasi informasi dengan menggunakan beragam saluran penyampaian informasi termasuk melalui media massa maupun media sosial.

 

Close