Sekelompok pekerja sedang menyelesaikan gedung terminal dari

Kedeputian II Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu sosial Sosial, Ekologi dan Budaya Strategis dijabat oleh Yanuar Nugroho. Sesuai dengan Peraturan Kepala Staf Kepresidenan No. 1/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Staf Kepresidenan yang menjabarkan Peraturan Presiden No. 26/2015.

Slide4

Kedeputian II juga mengelola dan bertanggungjawab memastikan pelaksanaan inisiatif strategis, baik internasional maupun nasional di luar kegiatan prioritas, yang menjadi perhatian Presiden yang sifatnya lintas kementerian/lembaga dan lintas sektoral. Beberapa inisiatif strategis yang ditangani Kedeputian II saat ini adalah:

(a) Agenda Pembangunan Paska 2015 (Sustainable Development Goals/SDGs).

Kedeputian II memastikan keterlibatan aktif Indonesia dalam negosiasi penyusunan Agenda Pembangunan Pasca 2015, dan memastikan implementasinya di tingkat nasional.

(b) Open Government Partnership (OGP) dan Open Government Indonesia (OGI).

Kedeputian II mengelola sekretariat nasional OGP/OGI bersama dengan Bappenas dan Kementerian Luar Negeri dan memastikan semua rencana-aksi OGP/OGI terlaksana. Kedeputian II juga bertindak selaku wakil Pemerintah RI menjadi co-chair OECD for Open and Innovative Government in Southeast Asia bersama dengan pemerintah Korea

(c) Green economy

Kedeputian II memastikan berjalannya inisiatif pengembangan ekonomi hijau/berkelanjutan di Indonesia yang melibatkan upaya lintas K/L dan lintas negara. Inisiatif ini mencakup mendorong munculnya investasi hijau lewat pertemuan internasional Tropical Landscape Summit (TLS) dan ide pembentukan Landscape Bond.

(d) Perundingan multi-lateral lain yang terkait kemajuan pencapaian program prioritas nasional.

Kedeputian II memastikan keterlibatan Indonesia dalam perundingan atau acara/program multilateral lainnya yang terkait dengan kemajuan pencapaian program prioritas nasional, seperti kehadiran Delegasi Indonesia dalam Sidang Majelis Umum PBB, kehadiran dan kesertaan Indonesia dalam the Konferensi Perubahan Iklim/UNFCCC, dan lain-lain.

(e) Inisiatif strategis lain-lain

Kedeputian II memastikan agar inisiatif strategis lain yang menjadi prioritas/perhatian Presiden, baik nasional maupun internasional, tertangani dan tertindaklanjuti secara memadai.

 

Close