Cegah COVID-19, Pemerintah Lakukan Sterilisasi di Ruang Terbuka

Cegah COVID-19, Pemerintah Lakukan Sterilisasi di Ruang Terbuka

Cegah COVID-19, Pemerintah Lakukan Sterilisasi di Ruang Terbuka

Kantor Staf Presiden gelar Rakor antisipasi penyebaran COVID-19

Kantor Staf Presiden gelar Rakor antisipasi penyebaran COVID-19

 

Pemerintah lakukan sejumlah langkah nyata untuk mengurangi penyebaran COVID-19 di tempat-tempat umum . Sebab pemerintah memiliki tanggung jawab agar masyarakat tidak terinfeksi virus COVID-19. Ruang terbuka yang menjadi perhatian diantaranya stasiun, terminal dan bandara.

“Mulai sore hari ini akan dilakukan pembersihan di stasiun, terminal, dan bandara. Dimulai dari Stasiun Gambar dan sehari tiga kali dilakukan pembersihan yang utama di Jawa, Bali, Manado dan lainnya,” papar Arya Sinulangga, Staf Khusus Menteri BUMN di Kantor Staf Presiden (KSP), Gedung Bina Graha, Jakarta (12/3/2020). Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan infeksi virus corona COVID-19.

Rapat koordinasi yang juga dihadiri langsung oleh Penasihat Senior KSP Andi Wijayato, Plt Deputi V KSP, Jaleswari Pramodawardhani mengajak public untuk tidak panik menghadapi penyebaran virus ini. Namun bersatu bersama pemerintah menanggulagi penyebaran COVID-19. “Pemerintah dan masyarakat harus bersatu. Kita hadapi bersama permasalahan ini,” ujar Jaleswari.

Oleh sebab itu perusahaan-perusahaan BUMN telah menyiapkan berbagai kebutuhan logistik, rumah sakit, dan lainnya terkait penanggulangan COVID-19. BUMN bekerjasama dengan BNPB di masing-masing daerah agar penanggulangan virus ini dapat langsung dirasakan masyarakat

Sementara itu, Kadinkes DKI Widyastuti  mengatakan, seluruh jajaran Pemprov DKI akan melakukan langkah konkret dengan cepat, tepat dan menyeluruh berdasarkan perkembangan terbaru terkait COVID-19. “Berbagai langkah antisipasi telah dilakukan oleh Pemprov DKI. Namun situasi terbaru di Indonesia dan dunia menunjukkan keharusan bagi Pemprov DKI dan warga Jakarta untuk bersiap menghadapi segala kemungkinan.”

Menurut Widyastuti, prioritas utama adalah keselamatan warga. “Terus tingkatkan kewaspadaan secara penuh, tetap tenang dan jangan panik. Namun jangan pula meremehkan dan mengecilkan potensi risiko,” paparnya.

Kadinkes DKI akan memastikan seluruh fasilitas Pemprov DKI Jakarta, termasuk yang dikelola oleh BUMD memiliki tempat cuci tangan dengan sabun, dibersihkan secara rutin dan intensif dengan disinfektan. Selain itu, akan dipastikan seluruh materi sosialisasi dari Tim Tanggap COVID-19 didistribusikan sampai ke jenjang RT/RW.

“Kami juga menyiapkan dan sebarkan instruksi pada seluruh pengelola gedung pertemuan untuk melaksanakan prosedur pencegahan penyebaran COVID-19 dengan baik dan menyeluruh.  Lalu, perketat pembatasan acara-acara publik. Batalkan izin seluruh acara yang berisiko terjadi penularan COVID-19. Siapkan kanal komunikasi khusus bagi pihak yang ingin menanyakan kepastian perizinan acaranya. Tidak boleh ada kelengahan untuk urusan ini,” tegas Widyastuti.

Dinas Perumahan juga akan segera lakukan kampanye ke apartemen dan rumah susun, terutama di tempat yang banyak komunitas internasional. “Pencegahan penyebaran COVID-19 tidak bisa dikerjakan oleh pemerintah saja, tetapi harus melibatkan seluruh warga. Pencegahan penyebaran perlu menjadi gerakan bersama.” ucap Widyastuti. Hadir dalam rapat ini diantaranya Kapolda Metro Jaya Irjend Pol Nana Suteja, Dirut sejumlah BUMN dan beberapa perwakilan FORKOPIMDA.

 

Close