Audiensi Bintang Toedjoe untuk Majukan Tanaman Obat

Audiensi Bintang Toedjoe untuk Majukan Tanaman Obat

Audiensi Bintang Toedjoe untuk Majukan Tanaman Obat

JAKARTA– Salah satu kekayaan bumi nusantara adalah kekayaan alam termasuk di dalamnya beribu macam tanaman herbal. Selain itu juga ada tanaman rempah yang juga merupakan asset berharga sejak zaman kolonial. Saat ini pemerintah sendiri tengah fokus dengan mendukung pengembangan obat herbal di Indonesia. Ini berkaitan erat dengan upaya perusahaan obat seperti PT. Bintang Toedjoe. Anak usaha PT. Kalbe Farma ini ikut memberikan sumbangsih untuk memajukan tanaman obat dengan mengembangkan pabrik obat herbal yang tidak hanya berorientasi pada produksi melainkan juga sebagai sarana edukasi dan ekowisata.

Dalam pengembangan produksinya PT. Bintang Toedjoe menggunakan bibit terbaik sehingga produknya bisa diekspor. "Kami mendapatkan bibit terbaik dari BPPT sehingga menghasilkan hasil yang seragam. Kami juga terus mengupayakan ekspor produk obat herbal dalam negeri ke China karena membutuhkan obat herbal yang mengandung jahe merah" papar Direktur PT. Bintang Toedjoe Simon Jonathan. Potensi obat herbal sebagai alternatif pengobatan sangat besar untuk dikembangkan, baik sebagai terobosan medis maupun sebagai peluang industri obat.

audiensi-bintang-toejoe-untuk-majukan-tanaman-obat-2

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menyambut baik pembangunan pabrik obat herbal PT. Bintang Toejoe yang tengah berjalan dan hampir selesai. Moeldoko mengatakan pembangungan itu harus bertujuan mensejahterahkan petani dan mendukung kejayaan rempah-rempah. "Harus ada pendampingan off taker mulai dari masa tanam hingga pasca panen sehingga efektif untuk sekitar," ujarnya. Moeldoko menambahkan juga agar PT. Bintang Toedjoe harus mengembangkan VCO (virgin coconut oil) dan penyulingan cengkeh.

“Kedepan dalam proses produksinya PT. Bintang Toedjoe juga memberdayakan masyarakat sekitar. Tidak melupakan lingkungan hidup, pabrik ini akan menjadi yang ramah lingkungan,” tegas Moeldoko menutup pertemuan.

audiensi-bintang-toejoe-untuk-majukan-tanaman-obat-3

Close