Atasi Kebakaran, Presiden Minta Tata Kelola Lahan Gambut Diperbaiki

Atasi Kebakaran, Presiden Minta Tata Kelola Lahan Gambut Diperbaiki

Atasi Kebakaran, Presiden Minta Tata Kelola Lahan Gambut Diperbaiki

BOGOR - Presiden meminta tata kelola lahan gambut yang buruk segera diperbaiki. Hal ini mengatasi kebakaran di lahan gambut yang terjadi setiap tahun.

“Saya menginstruksikan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Pemerintah Daerah agar mewajibkan perusahaan pemegang hak pengelolaan lahan gambut membangun embung yang bisa dimanfaatkan untuk perendaman (rewetting) tanah gambut,” kata Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu 26 September 2015.

Menurut Presiden, langkah darurat penanggulangan kebakaran di lahan gambut harus cepat dilakukan. Salah satunya dengan merendam lahan gambut agar tidak kering dan mudah terbakar.

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa langkah konkrit mengatasi kebakaran lahan gambut dengan membangun embung air sudah dilakukan di Kalimantan Tengah. Dengan ketersediaan air di sekitar lahan gambut, maka apabila terjadi kebakaran mesin pompa air langsung bisa bekerja memadamkan titik api dengan cepat.

Sekali lagi, Presiden menegaskan bahwa komitmen untuk menindak tegas pembakar hutan yang sudah menyengsarakan harus didukung oleh semua pihak. Pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat harus bersatu padu, bekerja bersama untuk menuntaskan upaya penanggulangan kebakaran lahan ini.

Close