Agenda Presiden; Lebaran di Kalsel, Pantau Erupsi Sinabung dan Kebakaran Hutan di Jambi

Agenda Presiden; Lebaran di Kalsel, Pantau Erupsi Sinabung dan Kebakaran Hutan di Jambi

Agenda Presiden; Lebaran di Kalsel, Pantau Erupsi Sinabung dan Kebakaran Hutan di Jambi

JAKARTA - Jika sebelumnya Presiden merayakan Hari Raya Idul Fitri 1436 H bersama masyarakat Aceh, kali ini Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1436 H bersama masyarakat Kalimantan Selatan.

Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo dan rombongan menuju Banjarmasin pada Rabu, 23 September 2015 pukul 08.30 WIB dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan BBJ-2.‎ Turut menyertai keberangkatan Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei.

Tiba di Bandar Udara Syamsuddin Noor pukul 11.10 WITA di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Presiden dan rombongan meninjau langsung Posko Penanggulangan Bencana Pencemaran Udara Berat yang masih berada di kawasan bandara.

Presiden melihat lokasi hot spot yang berada di Desa Guntung Damar, Banjarbaru. Di lokasi ini, Presiden akan memberikan pengarahan kepada para prajurit dan petugas pemadam kebakaran.

Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo melanjutkan perjalanan dengan meninjau lokasi hot spot lainnya yang berada di Sambung Lihung yang berada di Kabupaten Banjar. Malam harinya, Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama rombongan menuju Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasi untuk mengikuti takbiran.

Esok harinya, Kamis 24 September 2015, Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama rombongan akan melaksanakan Shalat Iedul Adha di Masjid Agung Al-Karomah Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Di masjid ini pula, Presiden menyerahkan hewan kurban. Dalam perjalanan ke bandara, Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo akan meninjau proyek pembangunan Kebun Raya Banjar di Banjarbaru. Pukul 10.30 WITA, Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama rombongan bertolak ke Medan, Sumatera Utara.‎

PANTAU KEPPRES PENANGANAN SINABUNG

Agenda Presiden di medan yaitu mengunjungi Desa Siosar, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Lokasi ini berada di kawasan Gunung Sinabung.

Seperti diketahui, Presiden baru saja menandatangani Keputusan Presiden Nomor 21 Tahun 2015 tentang Satuan Tugas Percepatan Relokasi Korban Terdampak Bencana Erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Kunjungan ke Kabupaten Karo ini, Presiden ingin memastikan Keppres yang baru saja ditandatanganinya dijalankan dengan baik, karena Presiden menargetkan pada akhir tahun 2015, penanganan Sinabung ini dapat diselesaikan.

Pada hari Jumat, 25 September 2015, Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama rombongan meninjau pembangunan jalan tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi. Usai peninjauan jalan tol ini, Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama rombongan kembali ke Medan dengan menggunakan Kereta Api Airport Railink Services (ARS).

Setelah melaksanakan salat Jumat, Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama rombongan akan lepas landas menuju Jambi.

KEBAKARAN HUTAN DI JAMBI

Di Jambi, Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo akan melihat Posko Satgas Penanggulangan Bencana Pencemaran Udara Berat. Usai melihat Posko, dilanjutkan dengan meninjau lokasi kebakaran hutan di Muaro Jambi.

Dari Jambi, Presiden akan melihat perkembangan terakhir dari kebakaran hutan yang terjadi di kawasan Sumatera. Jika situasi membaik, Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama rombongan akan kembali ke Jakarta pada Jumat sore, 25 September 2015.

Tetapi, jika situasi di lapangan belum membaik, Presiden akan bermalam di Jambi dan pada esok harinya akan meninjau lokasi hot spot di perbatasan Provinsi Jambi dan Provinsi Riau dengan menggunakan jalur darat. Setelah peninjauan di lokasi perbatasan ini, Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo baru akan kembali ke Jakarta.

Close